Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

Asosiasi Pembenih Udang Curhat Ke Plt. Bupati Lamsel, Nanang Janji Permudah Perizinan

10 October 2018

Bagikan:

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Asosiasi Pembenih Udang (APU) Provinsi Lampung melakukan audiensi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto di Rumah Dinas Bupati setempat.

Kedatangan puluhan petani pembibitan udang tersebut, Rabu (10/10/2018), terkait dengan keluhan anggotanya dalam pengurusan perizinan dan kenyamanan dalam berusaha.

Bahkan beberapa waktu lalu, sejumlah usaha rumahan pembenihan bibit udang di Lamsel sempat disambangi tim dari Polda Lampung karena dinilai ilegal.

Ketua APU Indra Gandi mengatakan, jika para anggotanya meminta kepada Pemkab Lamsel untuk dapat memberikan kemudahan dalam proses pembuatan perizinan secara massal.

“Alhamdulillah, siang ini kita bisa bertemu Pak Bupati, ibarat anak dengan bapak, kemana lagi kami akan mengadu. Mudahan-mudahan harapan kami bisa terkabul,” kata Indra.

Senada disampaikan Ketua APU, Wasio salah satu anggota APU juga menyampaikan keluhannya. Dia merinci, saat ini terdapat 2 hatchery skala besar, 11 hatchery sedang, dan 133 hatchery kecil berskala rumahan.

Wasio menyatakan, dari 133 hatchery yang masuk dalam keanggotaan APU, semuanya belum memiliki izin usaha dan izin lingkungan dari pemerintah setempat.

“Intinya kami ingin berusaha itu dengan tenang dan nyaman, karena benur (bibit udang, red) ini rada antik, kalau kita pusing, benur juga bisa ikut sakit. Nah salah satu yang membuat kita nyaman ini dalah perizinanannya,” kata Wasio.

Menanggapi hal tersebut, Nanang Ermanto berjanji akan mmeberikan kemudahan kepada para petani pembibitan udang di wilayahnya.

Namun demikian, Nanang juga meminta kepedulian para petani pembenihan udang terhadap lingkungannya.

“Yang pasti saya akan bantu izinnya. Tapi usaha yang kecil-kecil saja, jangan sampai usaha menengah dan yang besar juga minta ikut dibantu. Kalau sudah dibantu, saya minta juga kepeduliannya terhadap lingkungannya,” imbuh Nanang.

“Jadi harus seimbang, harus ada kontribusinya juga untk kabupaten kita ini. Karena siapa lagi yang akan membangun daerah ini kalau bukan kita semua,” kata Nanang menambahkan. (/az)

Bagikan:

Last modified: 10 October 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *