Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah Kepada Ribuan Masyarakat Lampung

21/01/2018

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan. Usai meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni – Terbanggi Besar seksi I dari Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun Bakauheni dan seksi 5 dari Lematang ke Kota Baru, Jokowi kemudian membagikan 3.500 sertifikat hak atas tanah kepada warga Lampung, pada Ahad (21/01).
Penyerahan sertifikat tanah yang dipusatkan di GOR Way Handak Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, turut dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang (Kepala Badan Pertanahan Nasional) Sofyan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan alasan pemerintah memberikan sertifikat tanah secepatnya kepada masyarakat.
Jokowi mengatakan, pada tahun 2017 sebanyak 5 juta sertifikat telah diserahkan kepada masyarakat, dan pada tahun 2018 dirinya memerintahkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang (Kepala Badan Pertanahan Nasional) mengeluarkan 7 juta sertifikat diseluruh Indonesia sudah harus diserahkan untuk masyarakat.
“Kenapa sertifikat ini kita serahkan secepatnya, karena setiap saya masuk ke desa masuk ke kampung ke daerah, selalu keluhannya adalah sengketa lahan, sengketa tanah, disemua provinsi seperti itu. Seharusnya, ada 126 juta sertifikat yang harus dipegang masyarakat di seluruh tanah air, tetapi yang baru bisa diberikan sampai akhir tahun 2015 baru 46 juta, artinya masih 80 juta sertifikat yang seharusnya diberikan kepada rakyat,” ujar Jokowi saat menyampaikan sambutannya.
Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Indonesia itu pun mengingatkan, agar warga masyarakat tidak menggunakan sertifikat tanah untuk hal-hal yang tidak penting. Seperti, menggadaikan sertifikat untuk membeli mobil atau sepeda motor.
“Tetapi saya pesan kalau sertifikat ini mau dipakai untuk jaminan bank, tolong dihitung betul dikalkulasi bisa nyicil gak setiap bulan, kalau tidak sanggup jangan, bisa hilang nanti sertifikatnya.  Kalau dapat 30 juta atau 300 juta gunakan seluruh uanganya untuk modal kerja, untuk modal investasi, jangan sampai uang pinjaman untuk beli mobil, beli sepeda motor, gagahnya cuma enam bulan,” pesan Jokowi.
Sementara, dalam kesempatan itu Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan perhatian penuh dalam segi percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lampung Selatan, umumnya di Provinsi Lampung.
“Subhanallah luar biasa jalan tol terpanjang di Provinsi Lampung sepanjang 103 kilometer ada di Lampung Selatan. Kemudian, ada Bandara Radin Inten II, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Rangai, dan Pelabuhan di Pulau Sebesi, lima proyek besar telah dibuat di Kabupaten Lampung Selatan. Mewakili seluruh rakyat Lampung, khususnya Kabupatan Lampung Selatan saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak Presiden Jokowi,” ungkap Zainudin. (diskominfols)
Tanggal : Ahad, 21 Januari 2018

520total visits,2visits today

Last modified: 21/01/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipçi al Alanya haber