Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan Warning Perusahaan Batu Perhatikan Jalan Desa

04/04/2018

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum me-warning seluruh perusahaan yang memproduksi batu di Kecamatan Katibung, agar turut serta memperhatikan kondisi jalan desa di kecamatan setempat.
Zainudin menyampaikan hal itu, lantaran beberapa ruas jalan di Kecamatan Katibung, saat ini memang dalam kondisi yang rusak. Menurutnya, rusaknya jalan tersebut karena aktivitas kendaraan milik perusahaan yang melebihi tonase, sehingga merusak ruas jalan desa.
Menindaklanjuti kejadian itu, Bupati Lampung Selatan, Zainuidn Hasan memanggil belasan perusahaan penghasil batu tersebut. Pertemuan kedua belah pihak berlangsung di Aula Krakatau, kantor bupati setempat, Kamis (4/5).
Dia menegaskan, perusahaan memiliki kewajiban untuk berkontribusi memperbaiki jalan desa, yang selama ini mereka gunakan untuk kepentingan perusahaan.
“Kami meminta dalam waktu satu minggu ini, harus sudah ada tindak lanjut dari perusahan untuk segera memperbaiki jalan yang rusak,” tegas Zainudin Hasan.
Zainudin juga memperingatkan, jika masih membandel melakukan pelanggaran, dirinya tidak segan-segan mengambil tindakan keras. Bahkan ia mengancam akan memasang portal, bila pihak perusahaan  tidak menujukkan itikad baik kepada pemerintah.
“Bila perlu kita pasang portal di depan perusahaan mereka. Soal izin memang bisa dikeluarkan provinsi, tetapi kita yang terkena dampaknya. Jadi jangan main-main dengan kami,” imbuhnya.
Sementara, dari hasil pertemuan kedua belah pihak, disepakati menunjuk salah satu penangungjawab dari pihak perusahaan. Nantinya, penanggungjawab akan mengkoordinir seluruh perusahaan untuk memperbaiki seluruh jalan yang rusak, dimana sebelumnya sempat diperbaiki pemerintah setempat.
Sumardi, koordinator yang ditunjuk Pemkab Lampung Selatan mengungkapkan, pihaknya meminta waktu untuk berkoordinasi dengan perusahaan lainnya, untuk segera memperbaiki kerusakan jalan akibat keluar masuknya kendaraan dari perusahaan masing-masing.
“Tidak usah seminggu Pak Bupati, saya meminta dua hari saja untuk mengkondisikan ini. Kedepan, kami berharap tidak hadir lagi disini, tetapi kami yang akan undang Pak Bupati ke tempat kami,” pungkasnya.
 
Dampak Banjir, Zainudin Hasan Tegur Dinas Kehutanan Provinsi Lampung
KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Bupati Lampung Selatan, DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum meminta Dinas Kehutanan Provinsi Lampung turun gunung melakukan perbaikan lingkungan yang rusak di Gunung Rajabasa. Hal itu disampaikannya, disela-sela memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Kalianda, Kamis (4/5) sore.
Menurut Zainudin, banjir yang terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Kalianda, salah satunya disebabkan oleh ulah manusia yang melakukan penggundulan hutan. Kondisi itu katanya, membuat kondisi di Gunung Rajabasa menjadi kritis.
“Dulu kebijakannya (hutan_red) ada di kabupaten, sekarang diambil provinsi. Semestinya Dinas Kehutanan Provinsi ini turun, datang ke kita, nanti sama-sama kita naik Gunung Rajabasa untuk melihatnya. Kalau tanggungjawab ini ada di kabupaten, tentu saya sudah bergerak naik kesana,” imbuh Zainudin.
“Jadi, saya menegur Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, agar memperhatikan Gunung Rajabasa yang sudah dalam keadaan kritis,” tambahnya.
Dirinya berharap, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dan Kementerian terkait dapat segera melakukan kegiatan konservasi, termasuk memperbaiki hutan Gunung Rajabasa yang rusak.
“Tetapi kalau provinsi tidak turun, maka saya akan buka pengumuman di seluruh desa yang mau jadi relawan untuk kumpul bersama-sama. Dalam waktu secepatnya kita akan naik untuk menanam pohon damar, pohon durian, nanti bisa ditandai pohonnya siapa yang tanam, begitu besar jangan ditebang tetapi hasilnya bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

362total visits,1visits today

Last modified: 04/04/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipçi al Alanya haber