Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Peserta VKN Diklatpim II Serahkan Rekomendasi Kepada Pemkab Lampung Selatan

19/04/2018

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II meyerahkan rekomendasi hasil kunjungan lapangan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.
Penyerahan rekomendasi itu dilaksanakan di Aula Rajabasa, kantor bupati Lampung Selatan, dari perwakilan peserta VKN Oos Fatimah R, M.Kes kepada Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan, Supriyanto, S.Sos, MM, Kamis (19/4).
Selama di Lampung Selatan, mereka mengunjungi Desa Kemukus dan Desa Bangun Rejo, Kecamatan Kepatang, untuk mendalami dan menganalisis permasalahan akan kondisi nyata di dua desa tersebut.
Secara garis besar, perwakilan peserta VKN dr. Jusnan C. Mokoginta MARS menyampaikan poin-poin rekomendasi hasil kunjungan lapangan yang dilakukan selama dua hari sejak Selasa (17/4) lalu.
“Pelayanan kesehatan di Desa Kemukus dan Bangun Rejo sudah cukup baik. Seperti program pencegahan penyakit tidak menular (PTM) melalui deteksi dini misalnya dengan program jumat berkah, Posyandu, tim STBSM dan Imunisasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini.
Jusnan menyampaikan, masih ada beberapa masalah yang perlu menjadi perhatian dan ditindaklanjuti. Seperti pencegahan dan penanganan stunting, pemenuhan jamban, ASI ekslusif, tenaga kesehatan, pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), dan meningkatkan program ketuk pintu.
Bahkan katanya, termasuk permasalahan lain seperti tanah register serta optimalisasi pemanfaatan lahan subur untuk pertanian guna meningkatkan perekonomian.
Dia menambahkan, komitmen yang tinggi dari pimpinan dan perangkat desa serta partisipasi masyarakat, menjadi suatu kekuatan untuk mempercepat penyelesaian permasalahan ini. Pembinaan masyarakat desa juga perlu dioptimalkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desa.
“Untuk pencegahan dan penanganganan stunting perlu kerja sama lintas sektor dan edukasi tentang pola makan serta pola asuh anak melalui penguatan posyandu dan proaktif pendekatan pada keluarga. Perlu optimalisasi dana desa dan pengembangan BUMDes dalam mendukung tingkat kesejahteraan masyarakat desa,” saran bakal calon walikota Kotamobagu ini.
Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan, Supriyanto menyambut positif atas rekomendasi yang diberikan. Sebab katanya, hasil visitasi yang dilakukan sangat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat.
“Kami ucapkan terima kasih, ini luar biasa selama dua hari sudah bisa menggambarkan kondisi yang ada. Apa yang bapak ibu lihat dan rasakan inilah sesunguhnya, karena yang bisa menilai kami adalah orang dari luar. Mudah-mudahan ini bisa menjadi sumbangan pemikiran bagi kemajuan daerah kearah yang lebih baik,” kata Supriyanto menyampaikan sambutan.
Selain itu Supriyanto menilai, melalui visitasi bisa menjadi media untuk saling berbagi ide, gagasan, dan terobosan bagi pembangunan kedepan.
“Sebenarnya, rekomendasi yang diberikan terutama terkait dengan stunting ini, memang sudah kami lakukan, hanya sekarang ini bagaimana bisa dipercepat dan perlu dilakukan kerjasama dari semua pihak. Inilah semangat Bupati Lampung Selatan dengan programnya Ayo Bangun Desa,” ujarnya.

196total visits,1visits today

Last modified: 19/04/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipçi al Alanya haber