Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Zainudin Pinta Gerakan Safari Gemar Membaca Jangan Hanya Sekedar Seremoni

24/04/2018

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar acara Gebyar Gelora Pustaka Gemilang dan Gerakan Safari Gemar Membaca tahun 2018.
Acara yang digelar di Aula Sebuku, Lamban Rakyat Lampung Selatan (Rumah Dinas Bupati), Selasa (24/4), dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas RI Drs. Deni Kurniadi, M.Hum.
Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan dalam sambutannya berharap, kegiatan itu bukan sekedar seremoni belaka. Tetapi yang jauh lebih penting katanya, adalah bagaimana menjabarkan budaya membaca di lapangan.
“Mudah-mudahan acara ini bisa memotivasi kita untuk lebih serius dan lebih semangat dalam menggelorakan minat baca di Kabupaten Lampung Selatan,” imbuh Zainudin.
Zainudin mengungkapkan, perintah untuk membaca merupakan perintah pertama yang diturunkan Allah SWT kepada nabi Muhammad Rasulullah SAW berupa “Iqra”. Namun katanya, perintah pertama dan utama ini jauh ditinggalkan oleh umat Islam.
“Sebenarnya yang memerintahkan membaca pertama kali adalah Alquran dalam surat Al’alaq yaitu Iqra (bacalah). Maka barang siapa yang tidak mau membaca akan celaka di dunia dan akhirat. Jadi jangan hanya menjadi slogan dan jargon saja, mengelorakan budaya membaca ini merupakan tanggungjawab kita semua,” kata Zainudin.
Sementara, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas RI, Deni Kurniadi berharap, melalui kegiatan itu bisa mendorong masyarakat untuk mencintai budaya lokal, dan lebih mendekatkan dengan buku serta menjadikan perpustakaan sebagai sahabat terbaik bagi masyarakat.
Sekaligus, katanya, perpustakaan juga dapat dijadikan sebagai pusat sumber belajar bagi masyarakat, yang pada ujungnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
“Saya berharap perkembangan perpustakaan, taman baca masyarakat, rumah baca, dan pojok baca di Kabupaten Lampung Selatan bisa menjadi wahana strategis yang merupakan sumber belajar dan sumber ilmu yang mendukung bagi gerakan budaya gemar membaca masyarakat Indonesia,” kata Deni yang menyampaikan sambutan Kepala Perpusnas RI.
Menurut Deni, satu-satu cara belajar yang mudah dan dapat dilakukan sepanjang hayat adalah dengan membaca yang dapat dilakukan dimana saja. “Dengan membaca, akan menambah ilmu pengetahuan, menumbuhkan inspirasi, memperluas wawasan, mendorong kreativitas, sekaligus sebagai wahana hiburan atau rekreasi,” katannya menambahkan.

380total visits,1visits today

Last modified: 24/04/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipçi al Alanya haber