Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto Launching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku

02/05/2018

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto melakukan launching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku). Sosialisasi itu dilaksanakan bertepatan dengan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, yang digelar di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan, Rabu (2/5).
Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengatakan, Gernas Baku bertujuan membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak. Melalui gerakan itu diharapkan dapat mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua dan menumbuhkan minat baca anak sejak dini.
“Ini adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan dirumah, di satuan PAUD dan di masyarakat,” kata Nanang menyampaikan sambutan saat menjadi inspektur upacara.
Dia mengungkapkan, berdasarakan hasil survei dari Programe for International Student Assessment (PISA), menunjukan bahwa Indonesia berada di urutan 64 dari 72 negara. Dan menurut survei BPS, lanjutnya, di tahun 2015, 91,47% anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan hanya 13,11% saja yang suka membaca.
“Sementara, kita membutuhkan anak-anak yang mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi, dimasa mendatang. Tentunya hal ini menuntut orang tua untuk mendampingi anak-anaknya mampu menguasai kecakapan yang beragam literasi, antara lain, baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, budaya dan kewarganegaraan,” ungkapnya.
Untuk itu, melalui gerakan membaca buku tersebut, Nanang berharap para orang tua dapat lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak-anaknya. “Orang tua juga harus memiliki peran dilembaga PAUD, sehingga kedepannya terbentuk perpustakaan di lembaga-lembaga PAUD yang dikelola oleh paguyuban orang tua,” harapnya.

118total visits,2visits today

Last modified: 02/05/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipçi al Alanya haber