Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Perhelatan Festival Kalianda 2018 Siap Digelar, Dihadiri 8 Dubes Negara Sahabat

04/05/2018

KALIANDA (Diskominfo Lamsel) – Perhelatan budaya bertajuk “Festival Kalianda 2018” yang akan dipusatkan di Lapangan Radin Inten, Kalianda, Sabtu (5/5) besok, siap digelar.
Nantinya, event yang akan menampilkan pawai adat budaya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, akan dihadiri 8 Duta Besar (Dubes) Negara Sahabat di Indonesia.
“Untuk kesiapannya kita (panitia, red) sudah 90% lancar. Acaranya kita pastikan juga akan dihadiri delegasi dari 8 negara sahabat,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Lampung Selatan, Yuda Sukmarina, ditemui tim lampungselatankab.go.id di Lapangan Radin Inten, Jumat (4/5).
Menurut Yuda, Festival Kalianda tahun ini diadakan selain untuk mewariskan eksistensi kebudayaan dan adat istiadat, sekaligus juga untuk memperkenalkan berbagai potensi wisata, khususnya wisata bahari yang ada di kabupaten berjuluk Gerbang Krakatau ini.
“Jika sebelumnya kita hanya menampilkan pawai budaya saja, nantinya juga akan ada pawai adat yang melibatkan tokoh adat dari 6 Marga Sai Batin. Dalam pawai adat ini kita ingin mengangkat kearifan lokal Pengantin Sai Batin dilanjutkan dengan prosesi pemberian adok (gelar, red) kepada pasangan pengantinnya,” ungkap Yuda.
Dari pantauan lampungselatankab.go.id Festival Kalianda 2018 terus disiapkan Disparbud Pemkab Lampung Selatan. 6 Pangeran adat Marga Saibatin juga tampak mengikuti technical meeting beserta seluruh panitia dengan melakukan persiapan akhir sebelum acara dibuka secara resmi.
Pangeran Naga Beringsang dari marga Dantaran kepada tim ini mengaku sangat mengapresiasi diadakannya event internasional itu. Menurutnya, dengan dihadiri para Dubes dari berbagai negara, menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Kabupaten Lampung Selatan.
“Kami merasa bangga dengan Bupati Lampung Selatan yang mempunyai ide dan gagasan untuk membangkitkan adat budaya dari 6 Marga Adat Sai Batin dan suku-suku lainnya di Lampung Selatan. Ini membuktikan bahwa adat di Lampung Selatan ini bersatu,” pungkasnya

72total visits,1visits today

Last modified: 04/05/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipçi al Alanya haber