Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Nanang Tinjau 41 Warga Keracunan Makanan Di Kecamatan Sragi

11/09/2018

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto meninjau Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kecamatan Sragi, Selasa (11/9/2018) siang.
Diketahui sebelumnya, sebanyak 41 warga Desa Sumber Agung, Kecamatan Sragi, diduga mengalami keracunan massal, pada Senin (10/9) kemarin.
Berdasarkan informasi yang dihimpun tim ini, sebagian warga yang keracunan tersebut dirawat di Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sragi, satu orang diantaranya dirujuk ke RSUD Dr. Bob Bazar SKM, Kalianda.
Sementara, usai mengalami penanganan oleh tim medis, dari 41 warga yang diduga keracunan, 16 orang masih dirawat inap di Puskesmas setempat, dan lainnya rawat jalan di rumah sakit swasta.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamsel, dr. Jimmy B. Hutapea, MARS, menjelaskan, 41 warga tersebut keracunan setelah menyantap hidangan pada pesta khitanan di salah satu warga setempat.
“Hingga saat ini, tinggal 16 orang yang dirawat. Selebihnya sudah pulang dan rawat jalan,” terang Jimmy.
Sedangkan, menurut penuturan salah satu korban keracunan, awalnya mereka mengalami mual dan pusing keesokan harinya. Selanjutnya, langsung dibawa ke Puskesmas setempat untuk mendapat penanganan oleh petugas kesehatan.
Pada kesempatan itu, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto mengatakan, kejadian itu merupakan musibah yang dapat terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja.
Untuk itu, Nanang berharap, masyarakat dituntut lebih berhati-hati, terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan.
“Jadi, penyebab keracunan ini bisa terjadi karena lingkungan atau air yang kurang bersih,” kata Nanang disela peninjauannya.
Tak sampai disitu, bahkan, Nanang juga menyempatkan untuk memberikan santuan kepada warga yang dirawat di Puskesmas maupun warga yang sudah dirawat di rumah. (/az/hrm)

Last modified: 11/09/2018

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber