Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Lamsel Donasi 1 Buku 1 Pegawai

01/10/2018

KALIANDA, Diskominfo Lamsel –  Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) dengan menggelar upacara yang dipusatkan di Lapangan Korpri Pemkab setempat, Senin (1/10/2018).
Bertindak sebagai inspektur upacara, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Nanang Ermanto. Hadir pula anggota Fokorpimda Lamsel, Sekretaris Daerah beserta pejabat utama dilingkup Pemkab Lamsel, serta Ketua Tim Penggerak PKK Lamsel.
Upacara yang diikuti ratusan pelajar, anggota Pramuka Kwartir Cabang Kwarcab, Ormas, serta satuan dari TNI/Polri berlangsung khidmat dan tidak ada amanat atau penyampaian khusus dari inspektur upacara.
Namun, ada yang berbeda dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini. Usai mengikuti upacara, ribuan PNS Pemkab Lamsel, terlihat silih berganti mengumpulkan buku ditengah lapangan untuk diserahkan kepada pegiat literasi di daerah setempat.
Secara simbolis, penyerahan buku diawali Plt. Bupati Lamsel, berturut-turut selanjutnya, anggota Fokorpimda Lamsel, Ketua TP PKK, Sekretaris Daerah serta pejabat struktural dilingkup Pemkab Lamsel.
Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto menyampaikan, selain dijadikan sebagai penguatan karakter bangsa Indoensia, momentum Hari Kesaktian Pancasila, juga merupakan momen yang baik untuk berbagi kepada masyarakat.
“Ini adalah bentuk rasa syukur kita sebagai generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan. Bagaimana kita ini harus memiliki kepedulian kepada masyarakat,” ujar Nanang Ermanto kepada awak media usai memimpin upacara tersebut.
Lebih lanjut Nanang menuturkan, minat baca masyarakat yang ada di pelosok desa dirasa masih kurang, lantaran minimnya buku yang dimiliki. Disisi lain, minat baca masyarakat di perkotaan pun rendah, karena lebih tertarik bermain internet.
Hal itulah yang mendasari pihaknya terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat melalui gerakan donasi 1 buku 1 pegawai.
“Inilah yang harus kita tingkatkan dan perjuangkan, bagaimana kita berbuat untuk bangsa ini. Insya Allah, melalui kegiatan ini sumber daya masyarakat kita bisa meningkat,” imbuhnya.
Sementara, Kepala Dinas Kominfo Pemkab Lamsel, M. Sefri Masdian menambahkan, kegiatan yang kali pertama dilaksanakan itu, merupakan inisiasi Pemkab Lamsel melalui Dinas Perpustakaan setempat dengan mendonasikan 1 buku bagi setiap pegawai.
“Dari kegiatan ini, terkumpul sekitar 1.500 buku yang akan diserahkan kepada pegiat literasi di Lampung Selatan. Selanjutnya, mereka (pegiat literasi, red) akan menyalurkan langsung kepada masyarakat yang berada di pelosok desa,” kata Sefri. (/az)

Last modified: 01/10/2018

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber