Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Hadiri Lelang Pedet, Nanang : Potensi Ternak Lamsel Sangat Melimpah

15/11/2018

TANJUNG SARI, Diskominfo Lamsel – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto menghadiri acara lelang pedet (anak sapi) yang diselenggarakan Koperasi Produksi Ternak Maju Sejahtera (KPT MS).
Acara yang dipusatkan di Desa Sidomukti, Kecamatan Tanjung Sari, Kamis (15/11/2018), turut dihadiri perwakilan Kedutaan Australia Mr. George Huges, Perwakilan Indonesia-Australia Commercial Cattle Breeding (IACCB) Mr. Ricard Slaney.
Selain itu, hadir pula Direktur Pembibitan Ternak Kementerian Pertanian RI, Ir. Sugiono, Asisten Deputi Bidang Perikanan dan Peternakan Kementerian Koperasi, Ir. Devi Rimayanti, serta Kadis Peternakan dan Keswan Provinsi Lampung Desi Romas.
Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, KPT MS adalah sebuah Koperasi yang berada dibawah binaan IACCB yang telah bekerjasama dengan Indonesia sejak tahun 2016 lalu.
Adapun, tujuan dari kerjsama itu adalah memperluas industri pembiakan sapi potong dalam skala komersial di Indonesia.
Sampai dengan november 2018, kerjasama antara KPT MS dengan IACCB telah menghasilkan 142 pedet dengan 87 ekor diantaranya telah melewati masa sapih (usia 6 bulan), sedangkan jumlah induk betina saat ini berjumlah 98 ekor.
Direktur Pembibitan Ternak Kementerian Pertanian, Ir. Sugiono dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan atas keberhasilannya dalam mengembangkan sapi jenis Brahman Cros.
“Kabupaten Lampung Selatan ini memiliki potensi yang sangat baik untuk pengembangan ternak, khususnya sapi,” ujar Sugiono saat menyampaikan sambutan dalam acara tersebut.
Sementara, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas kepercayaan dan berbagai kemudahan maupun bantuan yang diberikan kepada daerhanya.
Nanang menuturkan, sebagai penyangga pangan, wilayah Kabupaten Lamsel sangat dekat dengan pusat konsumen yakni Jakarta dan Jawa Barat, sehingga potensi yang sangat melimpah harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.
“Populasi ternak sapi tahun 2017 sebanyak 113.153 ekor, sedangkan potensi pakan mampu menyediakan untuk 560.970 ekor ternak. Sehingga masih ada peluang yang besar untuk usaha peternakan sapi,” kata Nanang. (kmf)

Last modified: 15/11/2018

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber