Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Nilai Desa Way Sari Lomba Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan

04/12/2018

NATAR, Diskominfo Lamsel – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menghadiri penilaian lomba Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung tahun 2018, di Desa Way Sari, Selalsa (4/12/2018).
Hadir pula, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto bersama Ketua TP PKK Winarni Nanang Emanto dan Ketua Dharma Wanita Lamsel Siti Fatimah Freddy SM serta para Kepala OPD Pemkab Lamsel.
Diektahui, Desa Way Sari terpilih mewakili Kabupaten Lamsel dari 256 desa yang ada. Desa itu ditetapkan sebagai pelaksana terbaik Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan tingkat Kabupaten Lamsel.
Aprilani Yustin Ficardo sangat terkesan dengan kekompakan dan antusias masyarakat Desa Way Sari dalam mengikuti ajang tahunan tersebut. Hal itu terlihat dari penyambutan masyarakat yang meriah dalam lomba tersebut.
Dikesempatan itu, istri dari Gubernur Lampung sempat meninjau langsung beberapa titik yang dijadikan penilaian. Seperti stand pameran UP2K dan UPPS, Poskesdes dan Pos IVA, yang terletak tidak jauh dari Kantor Desa Way Sari.
Di stand UP2K dan UPPS, Yustin membeli beberapa sayur-sayuran hijau dan beberapa hasil kerajinan tangan masyarakat Desa setempat.
Usai meninjau stand UP2K Yustin melanjutkan menuju Pos kesehatan Desa (Poskesdes) Way Sari. Disana ia berdialog dengan para Kader Posyandu. Dia juga menyempatkan diri menggendong serta menimbang dan mengukur tinggi badan salah satu balita.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo bersama Ketua TP PKK Lamsel Winarni saat meninjau Poskesdes Desa Way Sari.


Dilokasi tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamsel dr. Jimmy Banggas Hutapea, MARS menjelaskan kepada Yustin mengenai Sistem Informasi Pencatatan Perkembangan Posyandu (SI CAKEP) yang hanya terdapat di Lamsel.
Usai melakukan peninjauan Poskesdes Yustin menyempatkan diri meninjau Pos Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Ditempat itu, para kaum wanita dapat melakukan pendeteksian dini penyakit kanker rahim dan kanker payudara.
Di Poskesdes tersebut Yustin tampak melakukan yel-yel Gerakan Bersama untuk Kesehatan Reproduksi (GERBEK) dengan para kader dan tim penilai lainnya.
Lokasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) juga tidak luput dari penilaian istri orang nomor satu di Provinsi Lampung itu.  Bersama Winarni dan Siti Fatimah, Yustin memanen tanaman Sawi dan Kangkung. Yustin juga menyempatkan diri meminum jamu yang dibuat oleh masyarakat Desa Way Sari.
Ditemui sejumlah awak media, Yustin mengaku kagum dengan Desa Way Sari baru berusia lima tahun tetapi sudah seperti desa yang telah lama terbentuk. Hal itu katanya, terlihat dari rasa memiliki, gotong royong dan kekompakan yang sangat tinggi.
“Mereka (warga, red) sangat guyub, padahal desa ini baru berusia 5 tahun. Ya cukup kompak lah, tidak kalah dengan desa yang sudah lama terbentuk,” kata Yustin.
Yustin mengungkapkan, pelayanan di Posyandu juga sudah sangat baik. Antusias dan kesadaran masyarakatnya juga tinggi.
“Posyandunya sudah ada Sistem Informasi Pencatatan Perkembangan Posyandu, dan itu online. Animo masyarakat untuk membawa anak-anak dan balita untuk datang ke Posyandu juga sangat tinggi,” tuturnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Lasmel, Winarni Nanang Ermanto saat menyampaikan sambutan pada acara penilaian lomba Keserak PKK-KKBPK Kesehatan.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lamsel Winarni Nanang Ermanto mengaku optimis dengan apa yang sudah dilaksanakan. Sebab, dari capaian yang di dapat tim penilaian, dirasakan cukup memuaskan.
Menurutnya, program-program unggulan seperti SI CAKEP dan GREBEK bisa menjadi nilai plus untuk meraih juara umum tingkat Provinsi.
“Lampung Selatan merupakan salah satu dari lima kabupaten/kota yang ada di Indonesia yang menjalankan program Sistem Pencatatan Perkembangan Diri atau yang kami singkat SI CAKEP. Artinya itu yang menjadi modal kami untuk menjadi juara umum,” kata Winarni. (us/az/kmf)
 

Last modified: 04/12/2018

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber