Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Dinas PP dan PA Lampung Selatan Gelar Forum Anak Daerah

26/03/2019

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan gelar Forum Anak Daerah, Selasa (26/3/2019).

Forum Anak Daerah yang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Supriyanto, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Thomas Amirico, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rini Ariasih dan para Dewan Guru.

Forum Anak Daerah yang diikuti perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA berprestasi se-Kabupaten Lampung Selatan itu diisi Narasumber Fasilitator Provinsi Lampung Tony Fisher juga Narasumber dari Dinas PP dan PA dilaksanakan di Aula Sertung Bandiklat setempat.

Rini Arsih selaku pelaksana kegiatan mengatakan digelarnya kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan Forum Anak Daerah sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan juga memiliki tujuan mendorong anak aktif mengembangkan diri sesuai dengan potensi, minat, bakat dan kemampuannya.

Rini berharap, “mudah-mudahan dengan Forum Anak Daerah anak-anak dapat menyampaikan aspirasi, pendapat, kepentingan dan kebutuhan secara lebih formal, tumbuh kembang anak dapat optimal dan mereka dapat mengembangkan kemampuan berorganisasi”, ujarnya.

Supriyanto dalam sambutannya mengatakan, “anak adalah amanah dan karunia yang harus dijaga karena didalam dirinya melekat harkat, martabat dan hak-hak sebagai manusia”, katanya.

“Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus dilindungi dari kekerasan dan diskriminasi, Pemerintah, Masyarakat, Keluarga dan Orang Tua berkewajiban menjaga mereka”, sambung Supriyanto.

Supriyanto juga menambahkan, “banyaknya pelanggaran terhadap hak-hak anak, penganiyaan, pemerkosaan, perdagangan dan eksploitasi anak mendorong dibentuknya Forum Anak Daerah”, ujarnya.

“Dengan Forum Anak Daerah diharapkan dapat menjadi media untuk memenuhi hak partisipasi anak, anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima dan mencari serta memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usia mereka”, tambah Supriyanto.

Ia juga mengatakan, “Pemerintah berkomitmen mendorong anak untuk aktif yang didasari pemikiran jangka panjang dan kesadaran agar Bangsa dan Negara kita di masa yang akan datang dapat bersaing dengan bangsa lain”, tuturnya.

“Dalam segala aspek kehidupan anak-anak wajib mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan kehidupan sosial kemasyarakatan di lingkungannya”, cetus Supriyanto.

Diakhir sambutannya Supriyanto berharap para peserta dapat benar-benar serius mengikuti kegiatan tersebut, ia juga berkata peserta dapat menyampaikan gagasan yang positif dan inovatif sehingga dapat bermanfaat bagi peserta lainnya.

Last modified: 26/03/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber