Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

MTQ Ke 47, Dekranasda Lampung Selatan Kembali Tampilkan Inuh dan Tukkus

27/04/2019

TUBABAR, Diskominfo Lamsel – Beragam kerajinan kreasi pengrajin lokal dari Kabupaten Lampung Selatan kembali tampil dalam pameran produk unggulan pada gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 47 tingkat Provinsi Lampung, di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar).

Keikutsertaan Kabupaten Lampung Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) dalam pameran pada MTQ ke 47 ini, menjadi upaya memperkenalkan produk kerajinan kabupaten berjuluk Khagom Mufakat di event yang diikuti kabupaten/kota se-Provinsi Lampung tersebut.

Pantauan tim ini, pameran yang digelar di Taman Kuliner Keagungan Ratu, Kabupaten Tubabar dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Hasiah Bachtiar Basri ditandai dengan alunan suara angklung dan didampingi Ketua Dekranasda kabupaten/kota, pada Sabtu (27/4/2019).

Berbagai produk lokal yang dipamerkan dalam stand Dekranasda Lampung Selatan seperti kain tapis, kain tenun Inuh, tukkus, topi dengan motif tapia, gerabahan, kopi Krakatoa dan makanan hasil olahan ikan yang merupakan ciri khas Lampung Selatan menjadi daya tarik tersendiri pengunjung yang hadir.

Bahkan, tukkus yang di produksi oleh CV Khaja Muda Kalianda, telah terjual sebanyak lima buah sebelum acara dibuka secara resmi. Selain itu, ada juga topi motif tapis dan kopi Krakatoa yang ikut dibeli pengunjung.

“Produk yang kami pamerkan ini, murni hasil kreasi pengrajin dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Ketua Bidang Pameran dan Kerjasama Dekranasda Lampung Selatan Noviar Akmal ditemui tim ini di lokasi pameran.

Sementara, Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Winarni mengatakan, produk unggulan yang ditampilkan dalam pameran tersebut adalah kain tenun Inuh, yang diproduksi para pengrajin lokal di kantor Dekranasda Lampung Selatan.

“Selain kain tenun Inuh yang memang ciri khas Lampung Selatan, kita juga punya tukkus, yaitu tutup kepala yang dulu biasa digunakan Pahlawan Nasional Radin Inten II sewaktu berperang mengusir penjajah dari tanah Lampung,” ujar Winarni.

Sebelumnya, Dekranasda Lampung Selatan juga telah mengikuti pameran bergengsi pada Inacraft 2019 di Jakarta, dan pada pameran di Lampung Fair di PKOR Way Halim, Bandar Lampung. (kmf)

50total visits,1visits today

Last modified: 27/04/2019

Comments are closed.