Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk di Lamsel, Pengurus KKI Lampung Selatan Dikukuhkan

07/10/2019

KALIANDA – Upaya Pemerintah Daerah Lampung Selatan menekan laju pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi. Salah satunya yakni dengan mengukuhkan pengurus Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lamsel sebagai mitra pemerintah yang berkaitan dengan kependudukan serta pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Pengukuhan pengurus KKI Lamsel periode tahun 2019 – 2023 itu dilakukan oleh Ketua KKI Provinsi Lampung Bukhori dan disaksikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Lamsel Supriyanto, S.Sos, MM di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Senin (7/10).

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Lampung Selatan Eka Riantinawati didampingi Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) Rosmala mengatakan, KKI ialah mitra kerja pemerintah melalui BPPKB sebagai wadah atau sarana untuk memberikan sumbangsih pemikiran masalah-masalah kependudukan.

“Kita ingin peran KKI ini bisa bersinergi dengan pemerintah. Yang tidak lain tujuannya untuk membangun kabupaten melalui SDM yang ada. Jangan sampai jumlah penduduk banyak tapi tidak berkualitas”, Kata Rosmala.

Dia menegaskan, pengurus KKI Lamsel terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari kalangan akademisi, mahasiswa hingga sejumlah organisasi dan LSM yang ada di kabupaten ini.

Sebab menurutnya, kedepannya terdapat berbagai program yang telah direncanakan oleh BPPKB yang harus dilaksanakan oleh para pengurus KKI. Tentunya, perlu dukungan anggaran agar semua bisa berjalan sesuai perencanaan.

“Kita sudah wacanakan beberapa kegiatan. Mulai dari masuk ke sekolah-sekolah untuk mengedukasikan soal kependudukan dan bahaya pernikahan dini. Lalu, kegiatan ke desa-desa juga untuk memberikan sosialisasi yang tidak jauh berbeda soal kependudukan”, tegasnya.

Dia juga mengatakan, laju pertumbuhan penduduk di kabupaten lampung selatan yang angkanya diatas target Provinsi hanya 2,28 persen per tahun dari jumlah penduduk. Maka dari itu, peran KKI sangat dibutuhkan dalam rangka menekan laju pertumbuhan penduduk demi meningkatnya pembangunan daerah.

“Kita ada di angka 2,56 persen per tahun. Ini jadi PR kita supaya kedepan bisa lebih berkurang. Selain KKI, kita juga sudah membentuk Forum Mahasiswa Peduli Kependudukan (FMPK). Kedepan juga kita akan bentuk Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) ditingkat SMA sederajat serta Komunitas Peduli Kependudukan (KOMPAK) untuk kalangan masyarakat umum”, Pungkasnya.

Sementara itu, Ass Bidang Pemerintahan Supriyanto dalam sambutan tertulis Plt Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto mengatakan, pengurus KKI yang baru dikukuhkan diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah. Sehingga, tercipta laju pembangunan yang terarah dan terpadu.

“Laju pertumbuhan pendudukan yang selalu meningkat setiap tahunnya ini harus disikapi bersama. Jika jumlah penduduk yang semakin meningkat tidak diimbangi dengan kualitas SDM, tentunya dapat menimbulkan berbagai masalah yang kompleks”, Ucapnya. (rk)

21total visits,1visits today

Last modified: 08/10/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al