Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa Dan BPD, Pemkab Lamsel Adakan Pembinaan Aparatur Perangkat Desa

15/10/2019

SIDOMULYO – Untuk meningkatkan pemahaman tentang Pemerintahan Desa, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengadakan Pembinaan Kapasitas Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), bertempat di PT. Santosa Utama Lestari Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, Selasa(15/10/2019).

Kegiatan yang berlangsung 1 (satu) hari tersebut diikuti oleh 300 Orang Peserta dari 150 Desa dan 10 Kecamatan, Pembinaan itu dibuka secara langsung oleh Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala BNN Kab. Lampung Selatan, AKBP. Ihklas, SP, MH. Pimpinan PT. Sentosa Utama Lestari, Devislius, Para Kepala OPD Terkait dan Para Camat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Rohardian mengatakan dalam sambutannya, kegiatan pembinaan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola pemerintahan dan pembangunan di desa.

“Pada hari ini kegiatan ini kita dimaksudkan sebagai forum pembelajaran dalam proses pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan desa, dan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal, mengingat kepala dasa dan aparatur desa BPD berhadapan langsung dengan Masyarakat”, Ucapnya.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, prilaku, kesadaran dan keterampilan Aparatur Desa dan BPD dalam mengelola atau melaksanaan pemerintahan dan pembangunan desa, juga untuk meningkatkan pemahaman sinegitas dan singkronisasi Aparatur Desa dan BPD dalam proses pelaksanaan dan pembangunan di desa”, Sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan agar memanfaatkan kesempatan yang ada untuk pembekalan sehingga diharapkan nantinya dapat melaksanakan program-program yang ada didesa sesuai dengan aturan yang ada.

“Kita lakukan penguatan Aparatur Desa dan BPD karena sekarang ini kita menggunakan anggaran negara yang mana anggaran tersebut di gelontorkan langsung oleh Kepada Desa dan Bendahara Desa. Anggaran tersebut tujuannya untuk pemerataan pembangunan, kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat kita. Nah untuk itu, kita perlu penguatan untuk mengetahui bagaiamana menggunakan anggaran yang benar dalam sisi administrasi”, Ucapnya.

“Saya harapkan pak kades dan BPD manfaatkan waktu ini untuk pembekalan”, Ujarnya orang nomor satu di lamsel itu.

Diketahui narasumber pembinaan tersebut yakni Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan dengan materi peranan inspektorat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa, Bagian Otda dengan materi peranan tugas pokok dan fungsi perangkat desa, Dinas PMD Kab. Lampung Selatan dengan materi tugas pokok dan fungsi badan permusyawaratan desa, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dengan materi optimalisasi pendapatan pajak bumi dan bangunan, Dinas Kesehatan dengan materi peranan perawat desa dalam rangka meningkatan derajat kesehatan. (Rk KMF)

31total visits,1visits today

Last modified: 15/10/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al