Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Nanang Ermanto Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan HUT Lampung Selatan Tahun 2019

10/11/2019

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto memimpin upacara bendera memperingati Hari Pahlawan ke-74 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Lampung Selatan.

Upacara yang disatukan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Selatan ke-63 itu, dipusatkan di lapangan Korpri Kalianda, kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, pada Minggu (10/11/2019) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah beserta para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD di lingkup Pemkab Lampung Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni beserta jajaran pegurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara peserta upacara terdiri dari anggota TNI dan Polri, Satpol PP, Dishub, ASN dilingkup Pemkab Lampung Selatan, pelajar dan pramuka, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Dalam upacara tersebut, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut menjadi momentum untuk mengingat kembali peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Dimana menurutnya, peristiwa perang tersebut mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dirasakan masyarakat saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri ini.

“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh-kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia,” tegasnya.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun dalam bentuk aksi-aksi sosial maupun kemanusiaan.

Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi dan menyebarkan berita hoax, serta tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, tapi sekarang untuk menjadi pahlawan bukan dengan mengangkat senjata mengusir penjajah. Melainkan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Disamping itu kata Nanang, melalui peringatan Hari Pahlawan dan HUT Kabupaten Lampung Selatan tahun 2019, diharapkan dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi segenap anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Melalui peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Selatan ke-63 Tahun 2019, kiranya dapat menjadi momentum bagi kita untuk membangkitkan semangat, motivasi, inovasi dan kreativitas, serta juga menjadi refleksi dan koreksi bagi kita semua terhadap berbagai upaya yang telah kita laksanakan dalam membangun Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai in,” ujarnya.

Usai pelaksanaan upacara bendera, selanjutnya Plt Bupati Lampung Selatan bersama anggota Forkopimda dan tamu undangan lainnya, menuju Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, untuk melaksanakan Ziarah Nasional. (az)

65total visits,2visits today

Last modified: 10/11/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al