Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Jum’at Bersih, Nanang Ajak Warga Hidupkan Kembali Budaya Gotong-Royong

22/11/2019

NATAR – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kembali melaksanakan kegiatan Jum’at bersih di Kecamatan Natar, Jum’at (22-11-2019), setelah sebelumnya pada 14 Nopember 2019 yang lalu melaksanakan kegiatan jum’at bersih di wilayah Kecamatan Bakauheni.

Mengawali kegiatannya di Kecamatan Natar, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto, menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Dusun Banyu Wangi, Desa Mandah hingga melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial yang dipusatkan di Desa Relung Raya, Natar.

Sebagaimana diungkapkan warga Dusun Banyu Wangi, Siti Fatimah, menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan, warga Dusun Banyu Wangi kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Untuk mendapatkan air bersih, sejumlah warga harus rela antri di tempat tetangga yang sumur nya masih bisa diambil airnya. Akan tetapi, hal itu tidak bisa dilakukan secara terus menerus mengingat semua orang membutuhkan air, baik untuk mandi maupun mencuci termasuk si pemilik sumur.

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan dua mobil tangki air bersih yang dirimkan ke dusun kami, warga jadi merasa sangat terbantu dan kami sangat bersyukur dengan bantuan air yang di berikan pemerintah Kabupaten pada hari ini, bisa sedikit membantu dan mengurangi kesulitan kami dalam mendapatkan air bersih,”ujar Siti Fatimah.

Sementara itu, di Dusun IV Sumber Sari Desa Mandah, Nanang Ermanto menyerahkan bantuan sebanyak 50 sak semen untuk pembangunan Masjid Al-Huda. Penyerahan bantuan diberikan langsung kepada RT setempat yang sedang melakukan kegiatan gotong royong pembangunan masjid.

Selain memberikan bantuan untuk pembangun Masjid Al-Huda, Nanang juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan kegiatan gotong-royong pembangunan jalan dengan menggunakan paving blok sepanjang 110 meter dengan lebar jalan 2,5 meter.

Sama halnya dengan kegiatan Jum’at bersih yang dilaksanakan sebelumnya, kegiatan Jum’at bersih di Kecamatan Natar juga di barengi dengan kegiatan pelayanan masyarakat seperti Pengobatan Gratis, Pelayanan pembuatan KTP dan Kartu Keluarga, juga membuka pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.

Pada kesempatan Nanang Ermanto berdialog dengan warga, orang nomor satu di Lampung Selatan itu juga berpesan agar masyarakat menghidupkan kembali budaya gotong royong yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Nanang meminta kepada masyarakat serta aparatur desa, agar kegiatan gotong royong ini dilakukan secara kontinue, tidak hanya saat bupati hadir di Desa tersebut. Menurut Nanang, di era sekarang ini sudah mulai berkurang rasa ke gotong royong anak di tingkat desa.

Oleh karenanya, ia meminta kepada Camat, Kepala Desa, agar selalu turun ke desa untuk menghidupkan kembali tradisi gotong royong.

“Camat harus meluangkan waktunya selama satu hari di desa untuk bersama aparatur desa dan masyarakat bergotong royong,”ujar Nanang.

Sementara itu, Kepala Desa Rulung Raya, Maryoto, merasa sangat senang dengan kehadiran Plt. Bupati Lampung Selatan melaksanakan kegiatan di desanya. Menurutnya, masyarakat sangat senang sekali mendapatkan pelayanan secara gratis, baik itu pelayanan KTP, pelayanan administrasi Kependudukan maupun pelayanan pengobatan gratis.

“Yang jelas hal seperti ini yang selalu diharapkan masyarakat. Pemimpin deket dengan masyarakat. Ini memberikan contoh bagi aparatur desa untuk mengikuti kegiatan serta bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat,”ujar Maryoto. (Rk/An)

Last modified: 22/11/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber