Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Lakukan Bhakti Sosial, Nanang Harap Lansia Bisa Bermanfaat dan Terus Bersemangat

23/11/2019

NATAR – Kesehatan merupakan hak paling mendasar bagi seluruh warga negara mulai dari bayi, anak, remaja, dewasa, hingga Lanjut Usia (Lansia). Salah satu isu permasalahan kesehatan yang masih menjadi PR Pemerintah baik pusat maupun daerah adalah penanganan lanjut usia. penduduk lanjut usia adalah penduduk yang berumur 50 tahun atau lebih, ini jelas memerlukan satu perhatian khusus dari kita semua.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Provinsi Lampung melakukan kegiatan bhakti sosial perawatan lanjut usia (Lansia) di Yayasan Rahma Indah, Desa Merak Batin Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Sabtu(23/11/2019).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Kementerian Sosial RI, Susilo Budi Selaku Kasi Lanjut Usia, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Sumarju Saeni, M.Sc., Plt. Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, Para Kepala OPD Terkait, Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Mitra, Intip Herliantari, S.Pd., Ketua LKS Mutiara, Meri Herawati, Para Camat dan Kepala Desa Merak Batin.

Dalam pelaksanaan kegiatan program bakti sosial tersebut dilakukan kegiatan-kegiatan lain berupa pembagian sembako lansia sebanyak 185 orang, perawatan kesehatan lansia sebanyak 35 orang, senam lansia, terapi bermain anak sebanyak 100 anak dan pembagian permakanan nutrisi anak serta cek kesehatan lansia.

Ketua LKSA Mitra mengatakan dalam sambutannya, kegiatan bakti sosial ini diharapkan mampu membantu lansia yang sedang dalam kesulitan dan dapat mengurangi beban pengeluaran serta dapat meningkatkan akses masyarakat miskin dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

“harapan kami melalui kegiatan ini dapat membantu para lansia dan anak-anak, dan dapat berkesinambungan untuk kedepannya”, Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Plt. Ketua TP PKK Lamsel, Winarni mengatakan ucapan sukur dapat diundang dan dapat bersilaturahmi bersama masyarakat, winarni juga berpesan agar para lansia tidak patah semangat dan diharapkan dapat menjadi para lansia yang bermanfaat.

“Alhamdulillah, hari ini saya bisa bersilaturahmi bersama lansia, inilah bentuk kebersamaan kita bersama masyarakat. Jika di PKK ini juga merupakan salah satu dari 10 program pokok PKK”,ujarnya.

“Pesan saya jika jadi lansia jadilah lansia yang bermanfaat dan lansia yang bersemangat, sehingga kita tidak membebani keluarga dan lingkungan masyarakat”, Tegasnya.

Tak luput winarni juga berpesan kepada anak-anak peserta bhakti sosial untuk dapat menjadi penerus bangsa yang bermanfaat kedepannya.

“Untuk anak-anak, saya pesan jadilah penerus bangsa yang bisa bermanfaat, bisa jadi pemimpin-pemimpin bangsa yang berguna bagi nusa bangsa dan memiliki pondasi agama yang kuat, sehingga tidak terjerumus kedalam hal-hal yang tidak baik”,ucap winarni.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju mengatakan peningkatan harapan hidup dilampung sudah cukup tinggi dengan hitungan persentase mencapai 73%, untuk itu dia berharap masyarakat lampung dapat mengimbanginya dengan pendapatan yang dapat menopang hidup hingga usia lanjut.

“Dilampung sendiri peningkatan harapan hidup telah mencapai 73%, itu sudah tinggi. Sudah seperti di Jogja. Jadi harus diimbangi dengan pendapatan yang dapat menopang hidup hingga di usia lanjut”,ujarnya.

“Menjadi lansia itu harus punya moto hidup, apa itu. Yakni Lansia, Tua, Berguna dan Berkualitas. kita harus semangat, sehingga kelak lansia dapat bermanfaat”, Pungasnya.

Tak Ketinggalan Perwakilan Kementerian Sosial RI, Susilo Budi menyampaikan dalam sambutannya bahwa lampung selatan telah menerima bantuan berupa sarana kamar untuk LKS Indah Sejahtera sebanyak 20 Unit dan paket sembako untuk LKS Mutiara sebanyak 320 Paket.

“Kementerian RI telah memberikan bantuan untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di lampung selatan, kami mohon untuk LKS yang hadir disini untuk segera melengkapi data kegiatan tahun 2020, agar nanti programnya dapat terlaksana”, Paparnya.

Dikesempatan itu pula Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi kegiatan bhakti sosial yang sangat membantu para lansia, nanang juga mengatakan kedepan pemerintah daerah akan terus memperhatikan Lansia, sehingga dapat semangat dan bermanfaat dan dapat menjadi contoh teladan bagi generasi muda.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan bhakti sosial ini, terima kasi kepada kementerian sosial yang terus selalu memperhatikan orang tua khususnya lansia, kami pemerintah daerah juga tidak akan kalah”,Ujar Nanang.

“Pemerintah daerah melalui program yang ada pada dinas sosial, akan membantu para lansia sehingga dapat berkarya, dapat terus bersemangat dan bermanfaat untuk menjadi tauladan dan contoh positif bagi generasi muda kita”,Pungkasnya.

Sebelumnya, Kegiatan bakti sosial yang telah dilakuan sejak dini hari tersebut telah membagikan 40 paket dorprize kepada lansia dan anak-anak. (RK KMF)

Last modified: 23/11/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber