Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Wakili Lampung Selatan, Desa Taman Agung Siap Raih Juara 1 Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2019

04/12/2019

KALIANDA – Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan Sambut Kedatangan Tim Penilaian Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga – Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga – Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 di Desa Taman Agung Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Rabu Pagi (4/12/2019).

Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN Tingkat Provinsi Lampung ini, merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan Program dan Kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan dan Dinas Instansi terkait Kepada Kader Binaan, maupun Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dengan berbagai indikator penilaian yang telah ditentukan.

Lomba yang bertemakan “Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera” ini ada empat kriteria yang akan dinilai yaitu pelaksana terbaik kegiatan, posyandu terbaik, PHBS rumah tangga terbaik, dan terbaik lingkungan bersih dan sehat.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Plt. Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto Mengatakan dalam sambutannya, Inovasi Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN yang ada di Desa Taman Agung adalah Swasembada Gizi, dengan sasaran layanan di masyarakat yakni, Layanan KIA, Layanan Gizi, Layanan Air Bersih/Sanitasi, Layanan PAUD dan Layanan Sosial.

Winarni juga menyampaikan, Pelaksanaan Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN tersebut merupakan bentuk nyata kegiatan yang terintegrasi dan konvergen dalam mendukung program pemerintah daerah Swasembada Gizi untuk menurunkan dan mengurangi angka Stunting dan Prioritas Pemerintah Pusat dalam menciptakan SDM Unggul.

“Melalui Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN ini, terdapat kenaikan cakupan dan pencapaian yang sangat besar pada target pencapaian kegiatan bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (KB) dan kesehatan. Sebagai contoh saya sampaikan disini, pada saay di tetapkan sebagai desa stunting tahun 2018, di Desa Taman Agung terdapat 56℅ penderita stunting, namun pada bulan november 2019 jumlah penderita stunting menurun, sekarang berjumlah 16℅ dan tentu target kedepan pada tahun 2024 angka stunting di Lampung Selatan mencapai 0℅”, Ucapnya.

“Kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat mampu menyelesaikan dan mengurangi permasalahan Yang di hadapi masyarakat, serta dapat meningkat kualitas pelayanan pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah”, Ujar Winarni.

Winarni juga menambahkan, hasil Pembinaan Tim Penggerak PKK Lampung Selatan di Desa Taman Agung telah menunjukkan peningkatan. Menurutnya ada 2 Inovasi yang diwakili dalam Gria Kampung KB yakni Laskar Kampung KB dan Bilik Konseling Kampung KB.

“Hasil Penembinaan Tim Penggerak PKK Lampung Selatan di Desa Taman Agung ini dapat terlihat dengan tertibnya administrasi desa dan terbentuknya 45 kelompok Kegiatan Dasawisma”, Pungkasnya.

“Maka kami mengambil atau menunjuk Desa Taman Agung ialah dikarenakan desa ini adalah Desa Kampung KB dan Desa Stunting yang juga sebagai Pilot Project Swasembada gizi di lampung selatan”, Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyampaikan, Kabupaten Lampung Selatan sampai dengan saat ini memiliki sebanyak 28 Kampung KB yang tersebar di 17 (tujuh belas) Kecamatan, dengan rincian tahun 2016 sebanyak 1 (satu) kampung KB, tahun 2017 sebanyak 17 (tujuh belas) Kampung KB, dan tahun 2018 ini sebanyak 10 (sepuluh) kampung KB, yang kesemuanya telah di tetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Lampung Selatan.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan KESRAK PKK-KKBPK-KESEHATAN tidak hanya dilakukan oleh 3 sektor saja (PKK, PPKB dan Kesehatan), akan tetapi selalu bekerjasama dengan OPD lainnya bahu membahu mendukung baik moril maupun materil di berbagai aktifitasnya, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya Intervensi dari OPD dalam mendukung Desa Taman Agung menjadi desa yang maju, mandiri sejahtera dan beraklak mulia.

“Dari banyaknya Kampung KB yang tersebar di 17 Kecamatan, Desa Taman Agung ini adalah desa yang terpilih untuk mewakili Lampung Selatan dalam Lomba Kesrak–PKK- KKBPK- Kesehatan Tahun 2019, yang merupakan hasil seleksi tingkat Kabupaten serta binaan Tim Penggerak PKK beserta Dinas instansi terkait di Kabupaten Lampung Selatan”, Ujarnya.

“Oleh karenanya masyarakat desa Taman Agung sangat siap untuk meraih juara satu tingkat Provinsi Lampung dan sekaligus siap tampil untuk mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan di ajang tingkat nasional”, Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung, Saiful Darmawan, SH, MM mengatakan, pelaksanaan kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan wahana yang diharapkan mampu meningkatkan motifasi kerja pihak-pihak yang berkepentingan sehingga terpacu untuk lebih intensif mencapai cakupan/sasaran program.

“Sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap usaha yang telah dilaksanakan, maka dilakukan penilaian terhadap 5 jenis kegiatan PKK, yakni Pola Asuh Anak dan Remaja, UP2K PKK, HATINYA PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Test IVA”, Ucapnya.

Kegiatan penilaian lomba dilanjutkan dengan peninjauan lokasi-lokasi penilaian oleh Tim Penilai Provinsi Lampung. (Rk KMF)

Last modified: 04/12/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber