Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

H-4 Lebaran, Nanang Ermanto Kembali Cek Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni

19/05/2020

BAKAUHENI, Diskominfo Lamsel – Empat hari jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kembali meninjau aktivitas mudik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Selasa (19/5/2020).

Dalam kunjungan kali ini, Nanang didampingi Kapolres Lampung Selatan, AKBP Eddie Purnomo, Kepala Pelaksana BPBD M. Darmawan dan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan dr. Jimmy Baggas Hutapea.

Meski Surat Edaran terkait larangan mudik sudah dikeluarkan sejak 21 April 2020 yang lalu, namun kenyataan di lapangan, masih banyak masyarakat yang hendak kembali ke daerah asal atau pulang kampung.

Nanang Ermanto melihat suasana pelabuhan penyeberangan di Dermaga Reguler terlihat cukup ramai oleh warga yang hendak kembali ke daerah asal. Namun demikian tidak seramai seperti musim mudik lebaran sebelum pandemi Covid-19.

Mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melakukan berbagai upaya guna memutus mata rantai penyebaran virus korona alias Covid-19.

Seperti mendirikan Posko Check Point, serta membentuk Satuan Tugas Kesehatan gabungan yang terdiri dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan petugas kesehatan dari Puskesmas setempat. Tugasnya, melakukan pengecekan kesehatan terhadap penumpang yang akan naik ke kapal di pintu masuk pembelian tiket Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

“Tolong Pak Paul (Kepala Puskesmas Bakauheni) mereka ini jangan terlalu lama bertugas, maksimal 4 jam saja. Berganti ship dengan petugas lain,” kata Nanang seraya mengecek petugas yang sedang berjaga.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, dr. Jimmy menerangkan, petugas kesehatan yang berada di pintu masuk pembelian tiket tersebut bertugas selama 24 jam secara bergantian. Dengan masing-masing ship bekerja selama 4 jam.

“Semua penumpang yang hendak masuk kapal, di cek kesehatannya oleh petugas kita. Baik suhu tubuh maupun Surat Keterangan Sehat dari daerah asal. Mayoritas dari mereka sudah terlebih dahulu dilakukan rapid test di daerah asal dengan hasil negatif,” tutur Jimmy.

Pantauan tim ini, setelah melakukan peninjauan di Dermaga Reguler Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Bupati Lampung Selatan beserta rombongan melanjutkan peninjauan di Posko Gugus Tugas Covid-19 Lampung Selatan yang berada di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni tersebut.

Di posko itu, Nanang Ermanto sempat berbincang bersama petugas jaga sekaligus melakukan cek suhu tubuh dengan menggunkaan thermogun. Nanang juga menyerahkan bantuan suplemen berupa minuman susu beruang dan makanan ringan masing-masing sebanyak 2 kotak.

“Ini suplemen untuk kesehatan tubuh. Jangan diminum sekarang, batal nanti puasanya,” seloroh Nanang Ermanto. (Kominfo).

Last modified: 19/05/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber