Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Peringati HARGANAS Ke-27, Pemkab Lamsel Gelar Baksos dan Pelayanan KB Bagi Akseptor Terdampak Covid-19

29/06/2020

NATAR – Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni menjadi momentum untuk kembali mengingat pentingnya arti keluarga, dimana Keluarga merupakan institusi penting untuk membangun karakter bangsa.

Mengingat hal itu Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kab. Lampung Selatan menggelar Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-27 Tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Bumi Sari Kecamatan Natar, Senin (29/6/2020).

Peringatan Harganas ke-27 dalam situasi pandemi Covid-19 ini pada pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan kegiatan Bhakti Sosial dan Pelayanan KB Gratis di Klinik Graha Puri Husada lokasi setempat.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Priyanto Putro, Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin, Kepala Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BKKBN), Eka Riantinawati, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Natar dan para Kepala Desa Se-Kecamatan Natar.

Dalam Laporannya Eka Riantinawati mengatakan, Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-27, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan selain melakukan kegiatan bhakti solial juga memberikan beberapa paket sebako kepada Akseptor terdampak Covid-19.

“Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-27, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan Bhakti Sosial, Pelayanan KB Gratis, selain itu kami juga membagikan 126 Paket Sembako bagi Akseptor yang terdampak langsung Covid-19 dan kami menargetkan 2.921 Akseptor baru dalam Peringkat Harganas kali ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin mengatakan, “Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 ini, diharapkan ada pemahaman baru tentang keluarga, sebab fungsi dalam keluarga sangat komplek, mulai dari fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, fungsi pembinaan pergaulan dalam lingkungan rumah,” ujarnya.

“Dengan peringatan Hari Keluarga ini diharapkan mampu memberi motivasi, memberi dorongan, spirit bagi semua keluarga di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Lampung Selatan khususnya. Untuk bisa membangun sebuah keluarga yang ideal, baik masa kini maupun masa depan, sehingga kesejahteraan keluarga dapat menjadi lebih baik,” Tuturunya.

Sementara itu Priyanto Putro saat membacakan sambutan Kepala BKKBN Pusat mengatakan, “meskipun dalam pelaksanaan Hari Keluarga tahun ini kita laksanakan dengan sederhana akibat Pandemi Covid-19, namun banyak hikmah yang tetap harus memberikan manfaat langsung pada keluarga dan masyarakat, salah satunya melalui pelayanan KB Sejuta akseptor serta pemberian layanan jemput bola Program Bangga Kencana kepada seluruh keluarga di Indonesia dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan,” Ucapnya.

“BKKBN saat ini melakukan rebranding Program dengan nama Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana). Program Bangga Kencana harus dapat menjangkau seluruh keluarga Indonesia, termasuk keluarga-keluarga yang mengalami kesulitan, terutama di wilayah-wilayah miskin, padat penduduk, wilayah nelayan, kumuh, dan daerah tertinggal lainnya,” pungkas Priyanto Putro.

“Revolusi Mental harus dimulai dari tingkat keluarga karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat sekaligus wahana pertama dan utama bagi penyemaian karakter bangsa .Keluarga menjadi ajang yang paling sempurna untuk menanamkan nilai Revolusi Mental, yaitu integritas, etos kerja, gotong royong, dan pembangunan karakter sejak dini,” ujar Priyanto Putro mengakhiri Sambutan Kepala BKKBN Pusat. (Us/KMF)

Last modified: 29/06/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber