Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Sosialisasikan Stunting, Duta Swasembada Gizi Lakukan Roadshow Ke Seluruh Posyandu di Kecamatan Candipuro

08/07/2020

CANDIPURO – Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan lakukan Road Show ke Posyandu di Kecamatan Candipuro, Rabu (8/7/2020).

Komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk mencegah dan Penanganan Stunting tidak main-main, hal tersebut ditunjukkan oleh Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto dengan melakukan Road Show ke Posyandu yang ada di Kecamatan Candipuro.

Ibu Win (Sapa Akrabnya) datang mengunjungi Posyandu didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Anasrullah dan Kepala Bidang PAUD, Ahmadin, serta Kasi Kesehatan Gizi Keluarga, Dewi Yurniati.

Pada kunjungannya di Posyandu Dahlia 2 Kecamaran Candipuro, Hj. Winarni Nanang Ermanto beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Candipuro, Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka. UPT) Puskesmas Candipuro, Sunardi, Kepala Desa se-Kecamatan Candipuro dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Candipuro menandatangani Komitmen Bersama dalam Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Candipuro.

Pada kesempatan itu Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan bahwasannya program swasembada gizi merupakan program yang bersifat gotong-royong untuk seluruh lintas sektor. Dimana menurutnya, semua pihak berkewajiban untuk bergerak bersama dalam mengentaskan stunting di Lampung Selatan dengan saling memperhatikan gizi anak-anak sejak dini.

“Anak-anak adalah tanggung jawab kita semua, baik masa sekarang maupun dimasa akan datang. Saya rasa tidak akan tuntas Stunting di Lampung Selatan tanpa kepedulian kita semua, untuk itu Program Swasembada Gizi ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat,” Ujarnya.

“Swasembada Gizi merupakan Program yang bersifat gotong royong lintas sektor, baik Pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten, jajaran TNI, Polri serta seluruh masyarakat terutama Lampung Selatan”, Paparnya.


Saat itu pula, Winarni menjelaskan Lima Program Swasembada Gizi, yakni diantaranya:

  1. Layanan KIAK (memastikan Ibu hamil mendapatkan layanan Kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari kehidupan dan melahirkan di fasilitas kesehatan),
  2. Layanan Gizi (seluruh Desa menyediakan Konsultasi Gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat mengkonsumsi Gizi Seimbang),
  3. Layanan Air Minum dan Sanitasi (memastikan masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memastikan masyarakat memiliki jamban sehat),
  4. Layanan Sosial (dukungan Ekonomi Mandiri serta menggerakkan Kepedulian Sosial),
  5. Layanan PAUD (mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berprilaku Gizi Seimbang serta menyediakan Makanan Bergizi di setiap layanan PAUD).

Diakhir sambutannya winarni juga menyampaikan bahwasanya dalam Program Swasembada Gizi sangat dibutuhkan kerjasama dan meminta kepada aparatur desa agar segera membentuk kader Swasembada Gizi di desa masing-masing.

“Saya mohon segera bentuk kader-kader Swasembada Gizi di Desa-desa agar Program Swasembada Gizi dapat benar-benar berjalan dengan baik sehingga dapat menuntaskan Stunting di Lampung Selatan,” Ucapnya.

“Mari kita bersama-sama bekerja sama menuju Lampung Selatan bebas stunting dimasa mendatang, ” Tungasnya.

Pada Road Show hari ini Hj. Winarni juga mengunjungi Posyandu Embun Pagi 1 Desa Sinar Palembang dan Posyandu Teratai Desa Beringin Kencana Kecamatan Candipuro. (Us/Rk KMF).

173total visits,1visits today

Last modified: 08/07/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber