Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Winarni Sosialisasikan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Ketapang

13/08/2020

KETAPANG – Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan kembali Sosialisasikan Program Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (13/8/2020).

Kali ini, Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan mensosialisasikan Program Swasembada Gizi Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang dilakukan di Kecamatan Ketapang.

Sosialisasi Program terswbut diawali dengan Peninjauan Ibu Hamil dan Balita di Puskesmas Pembantu Purwosari, Posyandu Berundung, Posyandu Rejosari Desa Pematang Pasir dan Posyandu Sumber Waras Desa Berundung Kecamatan Ketapang.

Turut mendampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin, Kepala Dinas PP dan PA Anasrullah, Korwil Pendidikan Ahmadin, Kabid Kesehatan Gizi Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Devi Arminanto, Forkopimcam Ketapang, Ka. UPT Kesehatan Kecamatan Ketapang, Kepala Desa dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Ketapang.

Saat itu dilakukan Komitmen Bersama Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Ketapang, Penandatanganan Komitmen Bersama dilaksanakan di Kantor Desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang.

Yang beriisikan antara lain,

  1. Memastikan Tidak terjadinya Stunting di Kecamatan Bakauheni,
  2. Memastikan Sumber Daya Manusia Sehat, Cerdas dan Berdaya Saing,
  3. Memastikan Tidak Terjadi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Pada kesempatan itu dalam sambutannya Winarni mengingatkan bahwa anak adalah Generasi Penerus Bangsa yang harus diperhatikan dengan baik, “anak-anak adalah tanggung jawab kita semua, baik masa sekarang maupun masa akan datang. Untuk itu Program Swasembada Gizi agar mencegah Stunting bagi masyarakat sejak dini”, katanya.

“Tidak akan tuntas Stunting di Lampung Selatan tanpa kepedulian kita semua, untuk itu Program Swasembada Gizi ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Swasembada Gizi merupakan Program yang bersifat gotong royong lintas sektor, baik Pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten, jajaran TNI, Polri serta seluruh masyarakat terutama Lampung Selatan”, ujar Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung.

Saat itu Winarni juga memaparkan Program Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, “Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan mencetuskan Program Swasembada Gizi, dalam Program tersebut mempunyai 5 Layanan”, ujarnya.

“1. Layanan KIAK (memastikan Ibu hamil mendapatkan layanan Kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari kehidupan dan melahirkan di fasilitas kesehatan),

  1. Layanan Gizi (seluruh Desa menyediakan Konsultasi Gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat mengkonsumsi Gizi Seimbang),
  2. Layanan Air Minum dan Sanitasi (memastikan masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memastikan masyarakat memiliki jamban sehat),
  3. Layanan Sosial (dukungan Ekonomi Mandiri serta menggerakkan Kepedulian Sosial),
  4. Layanan PAUD (mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berprilaku Gizi Seimbang serta menyediakan Makanan Bergizi di setiap layanan PAUD)”, papar Winarni. (Us/KMF)

145total visits,3visits today

Last modified: 13/08/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber