Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kwarda Lampung Anugerahkan Lencana Pancawarsa kepada 66 Anggota Kwarcab Lampung Selatan

14/08/2020

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung menganugerahkan Lencana Pancawarsa kepada 66 anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Lampung Selatan dalam peringatan HUT ke-59 Gerakan Pramuka tahun 2020 tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Selatan.

Lencana Pancawarsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka.

Penghargaan tersebut diberikan atas kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan, dan ketertiban sebagai anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan kewajibannya selama lima tahun atau kelipatan lima tahun.

Lencana tersebut disematkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Supriyanto, selaku pembina upacara peringatan HUT ke-59 Gerakan Pramuka tahun 2020 tingkat Kwarcab Lampung Selatan yang digelar di halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Jumat sore (14/4/2008).

Dalam sambutannya, selaku pembina upacara, Supriyanto mengatakan, Lencana Pancawarsa diberikan atas kesetiaan anggota kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

“Mudah-mudahan penghargaan ini bisa menjadi penyemangat bagi anggota dewasa Gerakan Pramuka untuk terus mengabdikan diri dalam kepramukaan,” ujar Supriyanto.

Selanjutnya, pada kesempatan itu Supriyanto yang juga anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan ini menyampaikan sambutan Ketua Kwartir Nasional Komjen Pol Drs. Budi Waseso.

Ia mengatakan tema Hari Pramuka tahun 2020 adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara”.

“Tema ini perwujudan dari semangat para Pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia. Bahkan seluruh dunia juga mengalaminya,” ucapnya.

Menurutnya, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil peran dalam upaya penanggulangan COVID-19. Dimulai dari hal kecil pramuka itu sendiri, seperti mendidik pentingya menjaga kebersihan tubuh.

“Sebagai anggota dewasa kita harus bisa mengedukasi tatanan baru COVID-19. Seperti mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker jika berpergian, dan menjaga jarak. Pada intinya mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun, lencana terswbut diberikan kepada 66 anggota dewasa Gerakan Pramuka Lampung Selatan sesuai dengan Surat Keputusan Kwarda Gerakan Pramuka Lampung Nomor : 047 Tahun 2020 tentang Pemberian Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa.

Rinciannya, 31 orang Pancawarsa I, 14 orang Pancawarsa II, 9 orang Pancawarsa III, 8 orang Pancawarsa IV, 3 orang Pancawarsa V, dan 1 orang menerima Pancawarsa VI.

Sementara itu, salah satu penerima Lencana Pancawarsa tersebut yakni Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto. Dirinya menerima Lencana Pancawarsa III atau telah mengabdi untuk masa bakti 15 tahun.

Penghargaan itu telah diterima bupati pada peringatan HUT ke-59 Gerakan Pramuka Kwarda Lampung, di Aula Graha Bakti Pramuka Kwarda Lampung, Bandar Lampung, Kamis malam (13/8/20) kemarin.

Untuk diketahui, dalam rangka peringatan HUT ke-59 Gerakan Pramuka tahun 2020 tingkat Kwarcab Lampung Selatan, Kwarcab setempat telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan.

Seperti acara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kalianda dan juga tabur bunga di Perairan Laut Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa. Ada juga bakti sosial donor darah yang diikuti oleh para Andalan dan anggota Dewan Kerja (DKC) Lampung Selatan. (Kmf)

208total visits,1visits today

Last modified: 14/08/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber