Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Winarni Lakukan Roadshow Program Swasembada Gizi di Kecamatan Sragi

27/08/2020

SRAGI – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan kembali lakukan Road Show Pencegahan dan Penanganan Stunting, Senin (27/8/2020).

Mengkonsumsi Gizi Seimbang dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan sehat (PHBS) menjadi pokok utama kampanye Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung dalam melakukan Road Show Pencegahan dan Penanganan Stunting di Kabupaten Lampung Selatan.

Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan hadir bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin pada Sosialisasi Program Swasembada Gizi di Kecamatan Sragi.

Pada kesempatan tersebut Winarni memaparkan kepada para Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa dan para Kader-kader Posyandu, Pengelola dan Tenaga Pendidik PAUD, tentang Program Swasembada Gizi Menuju Lampung Selatan Bebas Stunting.

“Ada Lima Program Swasembada Gizi Menuju Lampung Selatan Bebas Stunting, Pertama, pelayanan KIA yaitu memastikan ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari pertama kehidupan dan melahirkan,” kata Winarni.

“Kedua, pelayananan Gizi yaitu seluruh Desa menyediakan pelayanan gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat berperilaku mengkonsumsi Gizi seimbang,” ujar Winarni.

“Ketiga, pelayanan air minum dan sanitasi dengan memastikan seluruh masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memiliki jamban sehat”, imbuh Winarni.

“Keempat, pelayanan sosial yaitu dukungan pengembangan ekonomi mandiri untuk pemenuhan gizi berkelanjutan dengan pemanfaatan pekarangan rumah dan menggerakan kepedulian sosial,” lanjut Winarni.

“Kelima, pelayanan PAUD dengan mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berperilaku gizi seimbang serta menyediakan makanan bergizi disetiap layanan PAUD. Lakukan kelima gerakan ini maka Kabupaten Lampung Selatan bebas stunting,” pungkas Winarni.

Winarni juga mengajak seluruh elemen masyarakat Kecamatan Sragi untuk bekerja sama bergotong royong bersama-sama mengentaskan Stunting di Kabupaten Lampung Selatan, “untuk mewujudkan Lampung Selatan Bebas Stunting Tahun 2023, saya mengajak Pemerintah, masyarakat, TNI dan Polri untuk bersama-sama bergotong royong bekerja sama melakukan Lima Program Swasembada Gizi,” tandasnya.

Winarni juga menegaskan kepada seluruh Kades dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Katibung agar dapat memberikan informasi kepada warganya agar tidak lagi terjadi kekerasan terhadap anak-anak.

“Agar anak-anak menjadi Generasi Penerus Bangsa yang kuat, cerdas dan memiliki SDM yang mampu bersaing terhadap dunia luar, saya minta para Kades dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Sragi untuk dapat mencegah sedini mungkin kekerasan terhadap anak-anak,” cetus Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan tersebut.

Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan bersama Kadis PP dan PA, Forkopimcam Sragi, para Ka. UPT Dinas/Instansi Kecamatan Sragi, para Kades dan para Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Katibung menandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Katibung, penandatanganan tersebut dilakukan di Kantor Desa Sumber Sari Kecamatan Sragi.

Selain itu Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto yang juga Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan meninjau pelaksanaan Pelayanan di beberapa Posyandu di Kecamatan Sragi. (Au)

Last modified: 27/08/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber