Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

HIBAH PRASARANA OLAHRAGA (HISAGA)

08/09/2020

  1. Inisiator

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kab. Lampung Selatan

2. Bentuk Inovasi

Inovasi Bentuk Lainnya Sesuai Bidang Urusan Pemerintah yang Menjadi Kewenangan Daerah

3. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan

Olahraga di Indonesia merupakan suatu kegiatan yang banyak penggemarnya baik di kalangan masyarakat maupun sekolah. Pemerintah telah mencanangkan tekad, yaitu memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat mengemari olahraga dan dengan berolahraga mereka merupakan tenaga pembangun yang tangguh. Disamping itu di sekolah juga diberikan olahraga karena olahraga merupakan alat pendidikan agar terjadi keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani. Didalam olahraga dapat ditanamkan kepada anak didik sifat-sifat yang positif, disiplin, kerjasama sportifitas dan sifat sifat positif yang lain yang menunjang perkembangan jiwa.

Dengan demikian eksistensi generasi muda di tengah masyarakat akan lebih maju dan terarah. Dengan tujuan untuk memberi support kepada generasi muda dalam mengembangkan potensi olahraga .Penyediaan prasarana olahraga yang akan di dukung diantaranya adalah olahraga sepak bola, bola volydan bola futsal yang sangat diminati oleh generasi muda. Yang diharapkan nantinya akan muncul bibit-bibit olahragawan yang akan membawa nama harum Kabupaten, Provinsi ,nasional bahkan di tingkat internasional .Untuk itu, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lampung Selatan menginisiasi suatu inovasi yang diberi nama HISAGA (HibahPrasaranaOlahraga) agar memfasilitasi para Pemain-Pemain di setiap Desa di Kabupaten Lampung Selatan. 

Dengan adanya HISAGA dapat memasyarakatkan olahraga agar terbentuk atlit atlit yang berprestasi serta memudahkan masyakat untuk mengajukan prasarana apa saja yang dibutuhkan desa di Kabupaten Lampung Selatan.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lampung Selatan memfasilitasi bagi kalangan masyarakat untuk meningkatkan olahraga-olahraga yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan melalui olahraga Sepak Bola, Bola Voli dan Bola Futsal dengan memberikan hibah / bantuan prasara untuk masyarakat Lampung selatan yaitu menerapkan inovasi Hisaga (Hibah Prasarana Olahraga).

Inovasi Hisaga (Hibah Prasarana Olahraga) dilakukan dengan memberikan fasilitas kepada elemen masyarakat untuk terus membudayakan olahraga dan terus melestarikan olahraga-olahraga serta meningkatkan prestasi-prestasinya. Setelah kebutuhan Prasarana Olahraga terpenuhi maka akan tercapai tujuan-tujuan yang diinginkan oleh desa khususnya di bidang Olahraga. Dinas Kepemudaan dan Olahraga akan selalu memudahkan Masyarakat khususnya untuk Olahraga.

4. Tujuan Inovasi

Tujuan dilaksanakannya inovasi ini, yaitu :

  1. Mempererat tali silaturahmi antara pemuda/pemudi sehingga akan terbina rasa persatuan dan kesatuan
  2. Mencari bakat pemain yang handal dalam bidang olahraga sepak bola, Bola Voli dan Bola Futsal
  3. Mendukung berkembangnya bakat generasi muda , agar terhindar dari hal-hal yang negatif
  4. Terbentuknya generasi muda yang sehat jasmani dan rohani
  5. Mendukung program pemerintah dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga

5. Manfaat Inovasi

Manfaat dari adanya inovasi ini, antara lain:

  1. Terfasilitasinya prasarana olahraga pada wilayah Kabupaten Lampung Selatan terutama Olahraga Sepak Bola , Bola Voli dan Bola Futsal.
  2. Mewujudkan Masyarakat Lampung Selatan yang Sehat.

6. Hasil Inovasi

Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan inovasi ini adalah: Tumbuhnya Atlet- atlet Olahraga yang ada di Daerah.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber