Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

PELAYANAN PERPUSTAKAAN SECARA APLIKASI E-BOOK

08/09/2020

INISIATOR                  : ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

JENIS INOVASI           : INOVASI DIGITAL

BENTUK INOVASI     : PELAYANAN APLIKASI E-BOOK

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

TAHUN 2019

A. LATAR BELAKANG

Tingkat literasi di Indonesia tergolong rendah, hal ini berhubungan dengan stigma masyarakat yang menyatakan bahwa budaya baca masyarakat Indonesia masih rendah. Akibatnya, Indonesia menjadi rendah daya saing dan pembangunan Sumber Daya Manusia.

Padahal berbagai jenis Perpustakaan tersedia di Indonesia untuk mendorong masyarakat agar rajin dan cinta membaca.

Upaya Pemerintah sudah dilakukan dengan mendirikan berbagai Perpustakaan hingga ke pelosok Desa, terdiri dari Perpustakaan Daerah, Pojok-pojok baca, Taman Bacaan Masyarakat maupun Perpustakaan Keliling yang siap melayani siswa-siswi yang jauh dari jangkauan Perpustakaan Daerah.

Dengan semakin berkembangnya tehnologi saat ini yang semua serba digital maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperkenalkan aplikasi e-book dengan harapan semua masyarakat terlayani tanpa harus berkunjung ke Perpustakaan Daerah. Sehingga masyarakat dapat sewaktu-waktu dan dimana tempat dapat mengakses dan membaca buku yang diinginkan.

B. RANCANG BANGUN DAN POKOK PERUBAHAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan memberikan kemudahan dan solusi bagi masyarakat yang jauh dari jangkauan Perpuistakaan Daerah dapat mengakses inovasi APLIKASI E-BOOK.

Inovasi E-Book adalah buku yang berbentuk elektronik atau digital yang berisi informasi atau panduan, tutorial, novel layaknya buku pada umumnya. E-Book (Elektronik Buku) hanya bias dibuka  dan dibaca hanya dengan m,enggunakan perangkat gadget seperti komuter, tablet dan handphone pintar. Tidak berbeda dengan buku cetak pada umumnya, e-book (buku digital) juga memuat tulisan dan gambar tentang berbagai topic, seperti e-book tehnologi, e-book sains, buku digital motovasi, buku tutorial da nada banyak topic lainnya.

Jika merujuk dari definisi e-book sebelumnya sebagai buku digital, dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis sehingga banyak orang lebih memilih membeli buku digital daripada buku cetak.

C. TUJUAN

Seperti pada definisi e-book sebelumnya tujuan dari pembuatan buku elektronik adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada penggunanya.

D. MANFAAT

Ada 7 manfaat E-Book

  1. Lebih murah
  2. Anti rusak
  3. Mudah dibawa
  4. Mudah ditandai
  5. Ramah lingkungan
  6. Tidak takut kehabisan stok
  7. Bisa atur kenyamanan.

E. WAKTU

Waktu pelayanan Aplikasi perpustakaan digital (E-Book) pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan dilayankan pada Tahun 2020, sesuai dengan penganggaran program kegiatan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

F. ANGGARAN

Anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan Aplikasi E-Book ini akan menggunakan anggaran pada kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2020.

G. PENUTUP

E-Book menjadi solusi agar tumbuh minat baca pada masyarakat Indonesia sehingga tujuan mencerdaskan bangsa tercapai. Dengan tingginya pengguna smartphone saat ini tentunya sangat mendukung tingginya pengguna e-book secara eksponensial.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Pedoman Inovasi Pengembangan dan Pemeliharaan Layanan Perpustakaan Elektronik (E-Book)

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber