Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

GERAKAN MASYARAKAT BUDIDAYA IKAN (GMBI)

13/09/2020

  1. Inisiator

Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan

2. Bentuk Inovasi

Inovasi Pelayanan Publik (Masyarakat Pembudidaya Ikan)

3. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan

Budidaya atau pemeliharaan ikan air tawar telah banyak dilakukan oleh masyarakat kabupaten Lampung Selatan. Budidaya ikan oleh masyarakat masih dilakukan secara sederhana dan dengan skala kecil, biasanya dilakukan di pekarangan sekitar rumah dengan air yang seadanya. Berdasakan wadah budidaya ikan, terdiri dari budidaya kolam tanah, beton, plastik, budidaya tambak, karamba jaring apung. Jenis ikan yang dibudidayakan terdiri dari Lele, Nila atau ikan campuran. Untuk usaha yang lebih besar jenisnya patin, gurame, dll.

Pembinaan yang telah dilakukan oleh Dinas Perikanan Lampung Selatan meliputi pembentukan kelompak budidaya ikan (pokdakan), pembinaan manajemen usaha, fasilitas sarana dan prasarana serta permodalan.

Kendala yang dihadapi dalam budidaya ikan antara lain :

  1. Penguasaan teknologi budidaya ikan masih minim
  2. Mahalnya harga pakan ikan
  3. Kurangnya modal usaha
  4. Ketersediaan benih yang kurang secara kualitas dan kuantitas
  5. Terbatasnya personil pembina dari pemerintah
  6. Harga ikan hasil panen dirasa masih rendah
  7. Manajemen kelompok yang belum memadai

selain kendala kendala tersebut, pada saat para pembudidaya sedang melaksanakan produksi faktor alam menjadi salah satu penentu yang cukup tinggi, kadang kala selama masa produksi ada saja kejadian gagal panen atau benih yang banyak mati sebelum dibesarkan untuk itu kementerian kelautan dalam hal ini BKIPM (Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Kamanan) Kantor Wilayah Lampung juga turut berperan serta aktif untuk mendukung Gerakan Masyarakat Budidaya Ikan (GMBI) dengan membuat sebuah aplikasi yang dapat lebih cepat dan tanggap jika ada pengaduan dalam segala permasalahan selama masa produksi/budidaya.

Bimbingan pun senantiasa di lakukukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan baik dalam bentuk Bimtek yang dilaksanakan oleh Bidang Budidaya Perikanan berupa Bimtek Pembuatan Pakan Mandiri guna menekan harga pakan selama produksi juga konsultasi  cara Budidaya Ikan yang baik yang dilaksanakan oleh penyuluh Perikanan di setiap kecamatan tempat tugas penyuluh tersebut, konsultasi cara budidaya ikan yang baik ini dapat dilakuakan kapan saja selama jam kerja dan hari kerja baik melalui ponsel ataupun saat penyuluh sedang berada dilokasi budidaya.

dengan adanya dukungan dari berbagai pihak yang terlibat di harapkan Gerakan Masyarakat Budidaya Ikan (GMBI) ini dapat terlaksana dengan baik, seperti pada saat Pelatihan Pakan mandiri, kegiatan dilaksanakan dengan narasumber dari Unila (Universitas Lampung) yang merupakan ahli dalam bidang pakan mandiri, diharapkan dengan adanya pelatihan ini para pembudidaya dapat 

Dengan adanya antusias masyarakat untuk melakukan budidaya ikan air tawar serta dengan keterbatasan dan kendala yang ada, maka Dinas Perikanan kabupaten Lampung Selatan mengadakan suatu inovasi “GMBI (Gerakan Masyarakat Budidaya Ikan)”, dengan harapan bermanfaat bagi masyarakat khususnya petani pembudidaya ikan. dan juga bagi para pembudidaya ikan setelah adanya kegiatan ini dapat menjalankan SOP cara Budidaya ikan yang baik sehingga kedepannya masyarakat budidaya perikanan dan berhasil dan terus berkembang kegiatannya dan dapat memberikan manfaat kepada lingkungan sekitarnya, SOP ini tersedia dalam benduk E-book (PDF) yang dikeluarkan oleh Kementerian KElautan dan Perikanan yang dapat menjadi Pedoman Teknis dam berbudidaya ikan yang baik, dapat di akses oleh semua kalangan melalui portal kementerian kelautan dan perikanan.

4. TUJUAN INOVASI

Tujuan inovasi GMBI :

  • Meningkatkan produksi perikanan
  • Meningkatkan produktifitas lahan budidaya ikan
  •  meningkatkan faktor ekonomi masyarakat

5. MANFAAT INOVASI

Manfaat GMBI :

  • Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga petani pembudidaya ikan
  • Memenuhi kebutuhan gizi keluarga khususnya protein hewani.

6. HASIL INOVASI

Hasil Inovasi :

  1. Telah berkembang ± 300 kelompok pembudidaya ikan (pokdakan)
  2. Anggota pokdakan dapat membudidaya ikan sesuai dengan prindip cara budidaya ikan yang baik

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Petunjuk Teknis Gerakan Masyarakat Budidaya Ikan

Last modified: 13/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber