Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Festival Qosidah, Winarni Harap Penggiat Seni Musik Qosidah Lahir dan Berkembang

18/09/2020

KALIANDA – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejateraan Keluarga (PKK) buka Festival Qosidah Tingkat Kecamatan Kalianda, Jum’at (18/9/2020).

Festival Qosidah yang diikuti 29 grup Qosidah se-Kecamatan Kalianda tersebut digelar di Aula Kecamatan Kalianda dan dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin, Camat Kalianda Zaidan, Ketua TP PKK Kecamatan Kalianda Yusmairi Zaidan.

Dalam arahannya Winarni mengapresiasi kegiatan tersebut, “saya menyambut baik dengan diselenggarakannya Festival Qosidah ini, serta mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara dan segenap jajaran yang terkait atas perhatian dan partisipasinya terhadap Pelestarian, Pengembangan dan Pemanfaatan Potensi Seni Budaya Islam, khususnya dibidang seni Qosidah”, katanya.

“Melalui Festival ini, kita dapat melihat dan menyaksikan secara langsung penyaluran kreatifitas para peserta festival di Bidang Seni Musik Qosidah, sehingga dengan terselenggaranya kegiatan ini, kita akan lebih memahami kesenian lagu Qosidah, yang merupakan bentuk kekayaan khasanah budaya Islam yang harus kita lestarikan”, ujarnya.

“Saya berharap akan lahir/muncul para penggiat seni musik Qosidah, sehingga seni Qosidah ini dapat terus dikembangkan dengan beragam kreasi dari hasil kreatifitas para seniman musik Qosidah yang berbakat, yang ada di seluruh Kecamatan Kalianda”, lanjut Winarni.

“Tantangan itu tidak hanya datang dari luar seperti derasnya arus globalisasi yang memang tidak dapat kita elak lagi, seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi. Namun tantangan itu terkadang juga muncul dari masyarakat kita sendiri yang sudah mulai melupakan kesenian Qosidah”, jelas Winarni.

“Karena itu, untuk mempertahankan budaya tersebut, dibutuhkan kerja keras, penuh kreativitas, inovatif dalam mengembangkan kesenian Qosidah khususnya di Kecamatan Kalianda. Kemudian, saya juga berharap penilaian kegiatan ini dilaksanakan secara jujur sehingga muncul pemenang yang betul-betul layak dan berprestasi”, cetus Winarni.

Sementara itu Camat Kalianda mengucapkan terima kasih atas dibukanya Festival tersebut, “mewakili masyarakat Kalianda, kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Win (sapaan akrab Winarni) yang telah bersedia hadir sekaligus membuka festival qosidah, ini suatu kehormatan bagi kami warha Kecamatan Kalianda”, ungkap Zaidan. (AU)

Last modified: 18/09/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber