Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Unila Garap Film Tentang Perjuangan Radin Inten II

08/03/2021

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Universitas Lampung (Unila) akan membuat film tentang perjuangan pahlawan nasional asal Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Radin Inten II.

Hal itu terungkap dalam audiensi antara Tim Produksi Pembuat Film Radin Inten II dari Unila dengan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto di rumah dinas bupati setempat, Senin (8/3/2021).

“Saya sangat mendukung pembuatan film ini. Sehingga generasi muda dapat mengetahui sejarah perjuangan Radin Inten II,” ujar Nanang.

Hadir mendampingi Bupati Lampung Selatan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Rini Ariasih, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, M. Sefri Masdian serta Plt Kepala Dinas Pendidikan, Thomas Amrico.

Sementara dari pihak Unila hadir Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. dr. Asep Sukoha, M.Kes, Ketua Tim Produksi Pembuat Film Radin Inten II, Kahfie Nazaruddin, M.Hum beserta Sekretaris, Dr. Nanang Trenggono, M.Si dan Budi Harjo, S.Sos sebagai anggota dari tim pembuatan film tersebut.

Lebih lanjut Nanang Ermanto menyampaikan, Radin Inten II dikenang sebagai pemuda yang berjuang demi kemerdekaaan Indonesia dari tangan penjajah hingga akhir hayat. Oleh karena itu, perjuangannya patut dijadikan contoh generasi muda sekarang.

“Kalau film ini dikemas dengan market yang baik serta profesional, insya Allah akan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung khususnya Lampung Selatan. Terlebih Radin Inten II merupakan pahlawan nasional dari Lampung Selatan,” kata Nanang.

Disamping itu, Nanang juga berharap film Radin Inten II dapat dikemas secara sebenarnya-benarnya dan tidak fiktif hanya berdasarkan khayalan-khayalan semata.

“Harus dilakukan kajian yang benar-benar matang. Karena film ini mengangkat pahlawan nasional. Dengan harapan kaum milenial dapat mencintai serta tahu sejarah sebenarnya,” tutur Nanang menegaskan.


Sementara, pada kesempatan itu, Wakil Rektor Unila, Asep Sukoha menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto yang telah menyambut baik dan mendukung pembuatan film tersebut.

“Tentunya (produksi) ini memakan waktu yang cukup banyak. Maka dari itu perlunya dukungan dari pemerintah daerah setempat. Karena Lampung Selatan ini juga memiliki potensi yang cukup banyak,” ujarnya.

Sedangkan, Kahfie Nazaruddin selaku Ketua Tim Produksi menjelaskan, pembuatan film yang berjudul Radin Inten II ini dimaksudkan sebagai kegiatan nyata pembangunan karakter pada generasi milenial.

“Kita bayangkan tentang film ini adalah suatu film layar lebar yang akan dibintangi oleh aktor-aktor yang dikenal dikalangan milenial. Supaya nilai-nilai nasionalisme yang akan ditransfer dapat diterima oleh mereka,” katanya.

Kahfie menyebut, untuk pembiayaan pembuatan film Radin Inten II, pihak Unila menyiapkan dana kurang lebih Rp.400 juta.

Setelah ditutupnya acara tersebut Bupati Lampung Selatan serta jajaran mengajak tim dari Unila untuk berjalan-jalan memperkenalkan Kebun Edukasi yang kini sudah tersulap rapi nan indah yang berada di halaman belakang rumah dinas Bupati Lampung Selatan. (lmhr)

Last modified: 08/03/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber