Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Tribun Lampung Award 2021, Lampung Selatan Usung Semangat Gotong Royong Bersama Rakyat Tangani Covid-19

17/03/2021

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan masuk nominasi Tribun Lampung Award 2021.

Tribun Lampung Award 2021 berlangsung ditengah situasi pandemi Covid-19. Sehingga tema yang diangkat kali ini terkait ‘Apresiasi Penanganan Covid-19’.

Kegiatan yang telah diawali proses verifikasi data pada 1-10 Maret 2021 dilanjutkan dengan presentasi atau pemaparan materi 15-19 Maret 2021.

Kabupaten Lampung Selatan yang mendapat giliran pada tanggal 17 Maret 2021 mendapat urutan pertama memaparkan program kegiatan Tribun Lampung Award 2021.

Presentasi atau pemaparan disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lampung Selatan, M. Sefri Masdian, S.sos secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dari kantor Dinas Kominfo setempat, Rabu (17/03/2021).

Dalam paparannya, Sefri menjelaskan, dalam upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan didasari dengan semangat ‘Gotong Royong Bersama Rakyat’.

“Dalam penanganan Covid-19, kami melakukan sinergi dan koordinasi dengan melibatkan seluruh stakeholder,” ujar Sefri dalam paparannya dihadapan juri secara daring.

Selain itu tambah Sefri, Pemkab Lampung Selatan juga secara aktif mengajak peran serta dan dukungan dari berbagai pihak dalam penanganan Covid-19.

“Sangat penting melibatkan penegak hukum untuk memastikan bahwa program bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah tepat prosedur dan tepat sasaran,” katanya.

Lebih lanjut Sefri menyampaikan, jajaran Pemkab Lampung Selatan yang dipimpin langsung Bupati, H. Nanang Ermanto selalu turun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk meredam potensi dari dampak pandemi Covid-19 yang multidimensi.

Program-program untuk menjaga kesehatan masyarakat pun digulirkan untuk memutus penyebaran Covid-19. Diantaranya penyemprotan disinfektan, dan pembagian masker.

“Termasuk program-program untuk dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Seperti penyaluran dana stimulus bagi UMKM dan penyaluran 24.941 paket beras untuk masyarakat yang terdampak Covid-19,” terang Sefri.

Disamping itu kata Sefri, diera digitalisasi saat ini, sinergi komunikasi publik juga memiliki peran yang sangat penting dalam penanganan Covid-19.

Sefri mengatakan, pandemi Covid-19 adalah kondisi yang belum pernah ada sebelumnya. Dimana potensi disinformasi dapat mengakibatkan kondisi kontra produktif dan menjadi tantangan yang tidak ringan.

“Sehingga sinergi strategi komunikasi publik dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten dikelola secara padu dan sistematis,” tuturnya.

Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan, M. Sefri Masdian (kanan atas) saat memaparkan program kegiatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan dalam ajang Tribun Lampung Award 2021.

Sefri menambahkan, penggunaan media komunikasi publik milik Pemkab Lampung Selatan (Portal Website dan LPPL Radio) serta kemiteraan dengan media massa menjadi sinergi yang paling ampuh untuk diseminasi informasi serta penangkal disinformasi.

“Diseminasi informasi konten-konten dari Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) dilaksanakan secara terintegrasi,” terangnya.

Diakhir, Sefri menyatakan, Gotong Royong Bersama Rakyat adalah semangat kunci dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara, juri Tribun Lampung Award 2021, Iin Margaretha selaku Pimpinan Perusahaan Tribun Lampung mengapresiasi paparan yang disampaikan Sefri Masdian.

“Yang menarik adalahnya judulnya ‘Gotong Royong Bersama Rakyat’. Karena memang rakyat itu yang menjadi objek utama pencegahan Covid-19. Kalau sampai banyak rakyat yang terinfeksi (Covid-19) kan berbahaya,” kata Iin Margaretha.

Selain itu, Iin Margaretha juga sangat tertarik dengan adanya sinergi komunikasi bersama yang dibangun Pemkab Lampung Selatan dengan memanfaatkan digitaliasi dan media dalam jaringan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan.

Adapun, selain Iin Margaretha, tim penilai atau juri kegiatan itu juga terdiri dari Hadi Prayogo selaku Pimpinan Umum Tribun Lampung, Aris Kusnandar selaku Pimpinan Gramedia Lampung dan Ririen Maria.

Tribun Lampung Award 2021 sendiri merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah, instansi BUMN maupun swasta yang sudah terus mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Provinsi Lampung.

Rencananya penganugerahan Tribun Lampung Award 2021 sendiri akan digelar pada 22 Maret 2021 mendatang. (kmf)

Last modified: 17/03/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber