Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Buka Grand Final Muli Mekhanai Lampung Selatan, Thamrin Harap Kaum Milenial Mampu Promosikan Wisata Daerah

17/06/2021

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM, membuka grand final pemilihan Muli Mekhanai Lampung Selatan tahun 2021 di Aula Rimau, kantor Bappeda setempat, Kamis (17/6/2021).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto, S.Sos, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto beserta Wakil Ketua TP PKK, Nuri Maulida Pandu.

Dalam sambutannya, Thamrin mengatakan, kegiatan pemilihan Muli Mekhanai diharapkan mampu menggali potensi dan mengembangkan kepribadian, pola pikir, sikap serta wawasan kaum milenial.

“Ini merupakan ajang bergengsi bagi para remaja. Dengan harapan yang menjadi juara dapat berpartisipasi aktif dan menjadi duta pariwisata daerah yang mampu mendorong dan mempromosikan pariwisata yang ada di Lampung Selatan,” kata Thamrin.

Thamrin juga berharap, dengan kegiatan itu, diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang berprestasi dalam berbagai bidang, terutama mengenai bidang seni budaya dan pariwisata.

Sehingga kedepan akan terlahir duta pariwisata yang profesional, berpengetahuan dan memiliki tata krama, serta berpartisipasi aktif dalam menyukseskan visi dan misi Kabupaten Lampung Selatan.

“Dan yang paling penting adalah para Muli Mekhanai ini harus dapat berperan aktif dalam mengembangkan potensi wisata, seni dan budaya serta ekonomi kreatif lainnya,” ujarnya.

Thamrin melanjutkan, dengan kegiatan tersebut juga diharapkan mampu melahirkan para Muli Mekhanai yang memiliki kompetensi dan mampu bersaing pada ajang yang lebih tinggi, yaitu pemilihan Muli Mekhanai tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata, Rini Ariasih mengatakan, kegiatan pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021 merupakan program kerja Dinas Pariwista yang diagendakan setiap tahun.

Dengan tujuan, mengajak generasi muda untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan di Lampung Selatan, terutama pada sektor promosi pariwisata di Bumi Khagom Mufakat.

“Tujuannya mengajak generasi muda dalam mengisi pembangunan dengan mengekspresikan diri dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai,” unkap Rini Ariasih saat menyampaikan laporan kegiatan itu.

Rini menyebut, kegiatan yang mengusung tema Tenun Ikat Inuh Warisan Budaya Lampung Selatan, diikuti oleh 88 peserta yang berasal dari berbagai perwakilan kecamatan, dinas/instansi, perguruan tinggi maupun umum.

“Dengan tema ini, kami mangajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan warisan budaya Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai dan banggakan,” jelasnya.

Lebih lanjut Rini menjelaskan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dimulai dari pendaftaran peserta Muli Mekhanai pada tanggal 1 Mei hingga 9 Juni 2021. Selanjutnya, pada tanggal 14 hingga 17 Juni dilakukan seleksi secara administrasi. 

Sehingga dari 88 peserta yang mendaftar, hanya 27 peserta yang lolos ke babak selanjutnya. Dengan rincian, Mekhanai sebanyak 12 peserta dan Muli sebanyak 15 peserta. 

“Penjaringan peserta dengan penjurian yang meliputi tes tertulis, wawancara umum dan kebangsaan, wawasan kepariwisataan, seni dan budaya, kecakapan dalam bertika dan berkepribadian dan berkomunikasi,” ucapnya.

Sementara itu, pada pertengahan acara, nampak pula, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, beserta Wakil Bupati, Pandu Kesuma Dewangsa, yang menyempatkan hadir setelah mengikuti rapat paripurna DPRD Lampung Selatan. (ptm)

Last modified: 18/06/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber