Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Lakukan Bimtek Dan Panen Raya Padi VUB Inpari 33 dan Inpari 35, Bupati Nanang Harapkan Petani Lamsel Lebih Sejahtera

04/09/2021

SIDOMULYO – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin,SE lakukan kegiatan Panen Raya Padi VUB Inpari 33 dan Inpari 35 dengan penerapan Demplot Inovasi Teknologi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung, Sabtu (4/9/2021).

Kegiatan Panen Raya yang disertai Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para kelompok tani/Gapoktan tersebut dilakukan di Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan (Lamsel) yang pada penerapannya BPTP Lampung menggunakan teknologi jajar legowo 2:1, pupuk organik dan pupuk hayati.

Turut hadir pada kegiatan itu, Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Prihasto Setyanto,M.Sc , Kepala Balai BPTP Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si , Sekdakab Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM , Anggota DPRD Lamsel, Para Kepala OPD Lamsel, Camat dan Para Kepala Desa Setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Ketua Komisi IV yang telah menyerap aspirasi rakyat khususnya dilamsel sehingga masyarakat lamsel bisa mendapatkan begitu banyak bantuan-bantuan pertanian.

“Saya mengapresiasi kinerja ketua komisi IV, pak sudin perwakilan rakyat yang telah menyerap aspirasi para petani khususnya lamsel. Begitu banyak para petani yang telah dibantu melalui pupuk pertanian dan alsintannya, untuk itu atas nama para petani lamsel saya ucapkan terima kasih,” Ujar Nanang.

“Saya berpesan untuk para petani agar jangan disia-siakan BIMTEK yang dilakukan hari ini, disini hadir pe-materi yang luar biasa, doktor-doktor dan insinyur yang luar biasa. Mudah-mudahan dengan bertambahnya wawasan petani kita akan meningkatkan produk pertanian kita lebih baik lagi,” Tuturnya.

Bupati Nanang juga berpesan agar para petani tidak menggunakan strum listrik untuk pengamanan sawah terhadap hama tikus, ia juga mengajak warga bergotong-royong untuk melakukan pembersihan dengan menggerbek sarang-sarang tikus pasca panen.

Pada kesempatan yang sama Ketua Komisi IV, Sudin, SE mengatakan agar para petani yang mengikuti bimtek bersungguh-sungguh dan jangan mengeluh kepanasan.

“Saya berharap petani lamsel bisa serius mengikuti bimtek, sehingga pada penerapannya melalui demplot teknologi invari 33 dan invari 35 para petani bisa memperoleh hasil yang bagus sesuai harapan” Ucapnya.

“Untuk Gapoktan yang belum menerima bantuan pertanian dan alsintan nanti dibuatkan saja proposalnya, tugas saya wakil rakyat ya berkerja untuk rakyat, nanti akan kami proses sehingga apa yang dibutuhkan petani di lamsel bisa segera terwujud,” ujarnya.

Untuk diketahui pelaksanaan panen dan resess kegiatan demplot di lamsel merupakan kegiatan pengujian padi VUB oleh BPTP Lampung dalam membangun dunia pertanian untuk bisa meningkatkan produktifitas pertanian pada masa pandemi covid-19.

Kepala BPTP Lampung, Jekvi Hendra menyampaikan,”pada pelaksanaan kegiatan ini kita mengharapkan sebagai pembagian desiminasi ilmu dan informasi dari Badan Litbang Pertanian untuk diberikan kepada masyarakat,” Ucap Jekvi.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memacu daerah-daerah lainnya untuk sama-sama belajar untuk bisa meningkatkan produktifitas pertanian. Balitbang Pertanian Lampung telah melakukan segala upaya untuk bisa meningkatkan produktifitas pertanian,” Tutupnya.

Selanjutnya, kegiatan panen raya dilakukan dengan memanen padi menggunakan alat mesin pertanian jenis combat oleh Bupati Lamsel, Ketua Komisi IV berserta rombongan lainnya. (Rk)

Last modified: 04/09/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber