Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Tuntas Mengulas Dengan Ruang Dialog

14/09/2021

Latar Belakang

Isu-isu publik, pembangunan dan pemerintahan kerap tidak dapat diulas secara luas melalui penyebarluasan informasi dengan bentuk pemberitaan, iklan, narasi, gambar atau video.

Gelar Wicara (Talkshow) merupakan sarana yang sangat efektif untuk menyampaikan/menerima informasi dalam perspektif komunikasi publik.

Sebagai salah satu bentuk komunikasi publik, gelar wicara merupakan sarana yang amat efektif untuk mengupas secara langsung dan lebih detail beragam hal yang terkait dengan topik yang dibahas.

Maksud dan Tujuan

Maksud progam siaran RUANG DIALOG adalah untuk menyediakan sarana komunikasi publik yang efektif untuk menyajikan konten informasi yang lebih lebih detail kepada masyarakat.

Sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah :

  • Sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi dalam pengelolaan media informasi dan komunikasi yang berorientasi kepada kepentingan publik;
  • Sebagai bentuk implementasi program siaran yang sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS);
  • Menjadi rujukan terhadap tema dan isu yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Rancang Bangun Program

RUANG DIALOG adalah satu solusi untuk menyajikan program siaran radio yang dapat mengupas suatu tema secara langsung, iteraktif dan juga lebih detail.

Terlebih di tengah serbuan beragam informasi dalam ruang-ruang publik di era digital saat ini, sehingga dirasa perlu ada terobosan inovasi program yang mampu memberikan informasi yang aktual, tepat, inspiratif, edukatif, lengkap dan proporsional.

Penjaringan ide dan format program inovasi RUANG DIALOG ini diawali dengan melaksanakan studi referensi terhadap format konten informasi yang tersebar di bermacam platform sosial media populer di Indonesia.

Hingga kemudian dipilih format program siaran untuk RUANG DIALOG dalam bentuk talkshow interaktif dengan mengintegrasikan media penyiaran yang dikelola oleh DBFM Radio.

Manfaat dan Dampak

RUANG DIALOG merupakan program unggulan yang inovatif bagi DBFM Radio untuk dapat menjalankan tupoksinya untuk menjadi jembatan bagi penyebarluasan informasi di Kabupaten Lampung Selatan.

Program ini membawa dampak bagi penyebarluasan informasi sekaligus penjaringan aspirasi, opini dan masukan dari masyarakat yang dapat mendukung keberhasilan program-program pembangunan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Last modified: 14/09/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber