Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Kunjungi dan Berikan Bantuan Kepada Penderita Stunting

04/10/2021

KALIANDA – Hj. Winarni Nanang Ermanto kembali tunjukkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan. Senin (04/10/2021).

Mengunjungi Adiba (2) anak penderita stunting yang mengalami gangguan pada kakinya.

Desi merupakan anak dari bapak Tarman (28) dan Ibu Desi (27) adalah warga Desa Way Lubuk kecamatan Kalianda.

Adiba mengalami kelainan pada kakinya, sehingga di usianya yang berumur 2 tahun 8 bulan belum bisa berjalan. Bahkan untuk berdiri pun sulit.

Desi ibu dari Adiba menyampaikan
” Saya konsultasi ke bidan Desi dan saran beliau menyarankan saya untuk Konsultasi ke dokter spesialis anak dan tulang di Rumah Sakit BOB BAZAR dan Sama dokter di sarankan untuk therapy fisioterapi”

Setelah berjalan berapa lama baru timbul gejala epilepsy, karena lebih sering kejang ibu Desi Konsul ke dokter anak di Rumah Sakit BOB BAZAR dan Dokter mendiagnosa Epilepsy.

Selama Adiba menjalani fisioterapi Adiba disarankan dr Aden (arthopedy) untuk memakai sepatu untuk membantu agar kakinya tidak bengkok. Tapi Karena lebih sering kejang, sepatu itu dihentikan dulu untuk menghindari cidera.

Untuk biaya berobat, mereka memakai kartu BPJS bantuan dari Pemerintah Namun karena ada kendala, akhirnya kartu BPJS tersebut tidak aktif dan tidak bisa digunakan.

Dalam kesempatan ini ibu Winarni yang dibantu oleh Dinas Kesehatan mengaktiflan kembali Kartu BPJS milik keluarga Adina agar bisa dipakai untuk berobat.

Duta Swasembada Gizi ini juga memberikam bantuan berupa asupan makanan sehat dan santunan untuk Adiba

“Ini kartu BPJS nya sudah aktif dan bisa digunakan lagi untuk berobatnya Adiba dan ini ada titipan dari Bapak Nanang untuk Adiba dan keluarga. Semoga bermanfaat ya…” Ujar Winarni

Desi Wahyuni bidan pendamping di desa Way Lubuk mengatakan “Kronologisnya Adiba awalnya pertumbuhannya baik sampai dia menginjak usia 1 tahun. Adiba sudah mulai merambat jalan namun masih dibantu merangkak dan sudah bisa mengucapkan beberapa kata sprti ba ta ka lalu Adiba mengalami demam tinggi sehingga menyebabkan dia kejang,,setelah kejang adiba sprti lunglai dan kaki nya bengkok dengklok ke arah belakang”

Tidak jauh dari rumah Adiba dan saat itu kebetulan sedang ada dirumah Adiba. Adalah Rifki (7) juga penderita Stunting yang mengalami cidera pada bagian otaknya

Duta Swasembada Gizi sontak langsung memberikan bantuan dan santunan kepada Rifki.

Rifki menderita cidera otak saat lahir dan sudah pernah menjalani operasi di Rumah Sakit Abdoel Moeloek. Pasca operasi pertumbuham Rifki menjadi terganggu.

Rifki adalah anak dari bapak Anton dan ibu Isnawati. ” Sampai saat ni pihak keluarga sudah berobat namun sudah beberap tahun ini keluarga mengambil alternatif untuk pengobatan Rifki seperti herbal dan pijat. ” Utas Bidan Desi

menurut ibu dari rifki saat ini sudah ada sedikit perkembangan seperti Rifki bisa duduk walaupun tidak bisa lama.

“Terima kasih atas bantuan dan santunannya ya ibu. Kami sangat menghargai bantuan ibu, semoga kebaikan ibu ini menjadi amal dan berkah untuk ibu dan keluarga” kata isnaini.

” Saya bersama kepala Dinas Kesehatan akan mengupayakan bantuan untuk kesembuhan Adiba dan Rifki, karena ini adalah tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebagai Duta Swasembada Gizi.” Utas Winarni. (Au)

Last modified: 04/10/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber