Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Bupati Nanang Ermanto Panen Bersama Demplot Padi VUB Inpari 32 Di Sragi

06/10/2021

SRAGI – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama bersama dengan Kepala Balitbang Pertanian DR. Ir. Fadjry Djufry  melakukan kegiatan  bersama VUB Inpari 32 di hamparan sawah desa Kuala Sekampung Kecamatan Sragi, rabu, (6/10/2021).

Kegiatan Panen bersama Demplot Padi VUB Inpari 32 yang diawali dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)  diikuti oleh peserta para kelompok tani se-kecamatan Sragi turut dihadiri oleh, Plt. Asisten Bidang Ekobang Muhadi, Kadis TPH dan Perkebunan Bibit Purwanto, Kadis Peternakan, drh. Arsyad, Kadis ketahanan Pangan Yansen Mulia, Camat dan uspika serta kepala desa se-kecamatan sragi.

Dalam sambutannya, Bupati Nanang Ermanto mengajak para petani di kabupaten lampung selatan khususnya di kecamatan sragi untuk menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Ketua Komisi IV Sudin atas kepedulian dan banyaknya terhadap masyarakat kabupaten lampung selatan, khususnya kepada para petani baik  berupa ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian melalui bimtek-bimtek, bantuan bibit, pupuk maupun alsintan dan pada hari ini lagi-lagi memberikan bantuan  sembilan ekor sapi.

“Sedianya beliau hadir langsung ditengah-tengah kita pada hari ini, namun karna kesibukannya siang ini harus  kembali ke jakarta beliau menyampaikan salamnya kepada para petani yang ada di kecamatan sragi ini, ujarnya.

Kepada para petani yang mengikuti Bimtek Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto berpesan agar informasi atau ilmu terkait dengan teknologi pertanian yang di dapat dalam Bimtek pada hari ini dapat di diterapkan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang peningkatan produksi pertanian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

“Saya berpesan untuk para petani agar memanfaatkan BIMTEK yang dilakukan hari ini, tentunya para pemateri dari BPTP adalah orang-orang yang luar biasa. Oleh karenanya saya berharap  dengan bertambahnya wawasan petani kita akan meningkatkan produk pertanian kita lebih baik lagi,” Tuturnya.

Sementara itu kepala Balitbang yang diwakili oleh kepala pengkajian teknologi pertanian balitbang lampung, Irwati dalam sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih kepada para petani yang selama satu musin ini telah bekerja bersama-sama untuk mengembangkan padi Varietas  Inpari 32 HDB. Varietas Inpari ini memiliki keunggulan akan ketahannya terhadap serangan penyakit hawar daun bakteri. Kami yakin para petani disini sudah banyak mengenal varietas inpari 32 tetapi kami ingin mendekatkan lebih dekat lagi dengan segala potensinya.

“Pada hari ini kami akan menyampaikan secara simbolis kegiatan pendampingan untuk ternak sapi kemudian kita akan melakukan panen bersama untuk demplot pendampingan teknologi pengembangan Varietas Unggul Baru Invari 32 dan sekaligus ada pendampingan untuk teknologi perbenihannya,” ujarnya.

“Hari ini kita sudah mengadakan UBINAN (Perkiraan jumlah hasil yang didapat ketika panen), dari tiga ubinan yang kita panen rata-rata adalah sekitar 2,4 ton yang kemudian dikonfersi ke hektar menjadi 10 ton.Jika  melihat potensi wilayah dan sumber daya lahan untuk lahan sawah irigasi yang ada di kecamatan Sragi ini  dengan hasil panen pada hari ini diharapkan varietas ini nanti akan dapat dikembangkan di daerah lain,” Imbuhnya.

Selanjutnya,  kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis sembilan ekor sapi  serta panen padi menggunakan alat mesin pertanian oleh bupati Lapung Selatan , Kepala Balitbangtan Provinsi Lampung  berserta rombongan lainnya. (Kmf)

Last modified: 06/10/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber