Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Taklshow Warung Kopi di TVRI Lampung, Winarni Ajak Masyarakat Promosikan Kesenian Lamsel Hingga Go Internasional

06/10/2021

JATI AGUNG – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Stasiun Televisi TVRI Lampung Undang Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto menjadi Narasumber di acara Talk Show Warung Kopi di Stasiun TVRI Lampung, Selasa (05/10/2021).

Mengusung Tema Hari Batik pada acara tersebut diulas Kain Batik Inuh yang merupakan kain batik khas dari Lampung Selatan.

Dalam taklshow tersebut TVRI Lampung juga turut mengundang Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Lampung ibu Ida Giriz yang juga dalam kesempatan ini menjadi narasumber.

“Dekranas sebagai wadah bagi para pelaku fashion dan tata busana, mendukung serta mensuport dengan program UMKM. Agar bisa memajukan dan mensejahterakan keluarga dan masyarakat,” Kata Winarni menjelaskan dalam talkshownya.

“Batik Inuh sudah berusia 400 tahun. Motif ombak pada inuh ini mencerminkan lampung selatan yang terbuka dengan kekeluargaan dan kebersamaan. Inuh itu, tapis yang dibuat diatas tenun. Sesuai dengan daerah lampung selatan yang banyak laut, contohnya biota laut dan ombak, Cumi cumi, pohon kelapa,” utas Winarni.

Untuk diketahui saat ini, para pelaku dan para designer kain tapis inuh sedang melakukan inovasi dalam mengembangkan motif agar batik inuh agar bisa dikenal hingga ke dunia internasional.

Ketua APPMI Ida mengatakan, “Ini suatu peninggalan sejarah yang harus di lestarikan Saya sangat bangga dengan inuh, Insya Allah saya akan membawa inuh dalam event dan acara di luar negeri sehingga bisa dilihat dan di kenal dimata dunia,” Ucapnya.

Diakhir sesi Winarni menyampaikan, “Terima kasihnya kepada semua pihak yang mau membantu dan mensuport agar kain inuh bisa dikenal masyarakat luas insyallah hingga go international.

“Pesan saya, untuk anak-anak lampung selatan yang berkesenian apapun, harus bangga dengan karya kita. Cintai serta promosikan apa yang jadi kebanggan kita lampung selatan. Agar bisa dikenal masyarakat luas, nasional dan internasional.

Selanjutnya acara talkshow tersebut ditutup dengan peragaan busana kain batik inuh oleh model putra-putri lampung selatan. (Kmf)

Last modified: 06/10/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber