Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Persiapan Kunjungan Tim Bappenas, Bupati Lampung Selatan Lakukan Audiensi Dengan Balitbang Daerah

08/11/2021

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan terpilih sebagai salah satu kabupaten percontohan dalam penanganan stunting yang dinilai baik pada tingkat nasional.

Atas dasar itu, Tim Bappenas Kementerian PPN RI akan melakukan peninjauan lapangan terkait praktik baik penanganan stunting di Lampung Selatan pada tanggal 23 November 2021 mendatang.

Menindaklanjuti hal tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melakukan audiensi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Daerah Lampung Selatan di aula sebuku rumah dinas bupati setempat, Senin (8/11/2021).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, para Staf Ahli dan Asisten Bupati, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Wahidin Amin, Kepala Balitbang Daerah Syahlani beserta jajarannya.

Bupati Nanang Ermanto mengatakan, dalam pelaksanaannya penanganan stunting tersebut berkaitan dengan 19 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat. Masing-masing OPD harus menyiapkan data akurat mengenai inovasi yang telah dilakukan.

Berkaitan dengan itu, lanjutnya, Balitbang Daerah harus siap dalam mendorong dan memberi semangat serta membantu OPD lainnya, terutama dalam menemukan data lokus-lokus stunting di Lampung Selatan.

“Karena kita akan ada suatu penilaian, dari 500 sekian daerah, se-Pulau Sumatera Lampung Selatan terpilih yang terpilih masuk 6 besar. Ada 19 OPD terkait dengan penanganan swasembada gizi. Bagaimana litbang mendorong dalam mencari data lokus-lokus stunting di 17 Kecamatan,” katanya.

Kemudian, Nanang juga meminta agar data stunting yang disiapkan benar-benar akurat dan sesuai dengan data yang terdapat di lapangan. Jangan sampai, kata dia, dalam kunjungan tersebut ditemukan data yang tidak sesuai.

“Data ini harus benar-benar akurat dan valid, kita dijadikan sebagai percontohan ini atas kerja keras kita semua, jangan sampai selip data. Tanggung jawab dari seluruh jajaran ini menjadi prioritas yang harus terus diutamakan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nanang juga meminta kepada Balitbang Daerah agar terus melakukan inovasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya di pemerintahan. Terlebih saat ini, sudah terdapat Sistem Merit yang dikembangkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Litbang ini saya minta, kalau kita ada Rakor itu masuk dalam Tim. Kalau bisa seluruh OPD karena ini menyangkut Lampung Selatan. Siapa tahu ada masukan, sumbangsih pemikiran,” ungkapnya. (ptm).

Last modified: 08/11/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber