Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Ketua Dekranasda Lamsel (Bunda Winarni) Hadiri Gelaran Festival Kemilau Tapis Lampung

24/11/2021

BANDAR LAMPUNG – Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri Opening Ceremonial Festival Kemilau Tapis Lampung di Ballroom Meeting Hotel Sheraton Bandar Lampung, Rabu (24/11/2021).

Event yang digelar dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi serta turut dihadiri oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ketua Dekranasa Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung, Danlanal Lampung Kol Marinir Amrul Ardiansyah dan Designer Didit Mulyana.

Festival Kemilau Batik Lampung yang bertemakan “Spirit of Tapis” tersebut akan digelar selama 3 hari yakni pada tanggal 24-26 November 2021 yang bertujuan untuk Memajukan UMKM yang menjadi Penggerak ekonomi Provinsi Lampung serta Menjaga dan Melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam seni kain tapis.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal mengatakan akan terus mensuport serta mengembangkan semua kerajinan dari Dekranasda yang ada di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

“Saya harap semua masyarakat lampung dapat belajar dan memahami etika dalam mengenakan kain tapis dan tumpal asal lampung ini,” Ucapnya.

“Mak Kham sapa lagi, Mak Gatta Kapan Lagi, Semoga dengan diselenggarakannya festival kain tapis ini, bisa dapat mengedukasi masyarakat lampung dalam cara memakai dan memahami nilai-nilai yang terkandung kerajinan kain tapis,” Jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari mengatakan akan terus mempromosikan kain tapis dan hasil kerajinan UMKM lainnya untuk meningkatkan perekonomian daerah.

“Saat ini, Tapis berkembang menjadi fashionable dan menjadi barang ekonomis. Karena itu saya mengajak masyarakat lampung untuk memakai produk dalam daerah yang secara tidak langsung ikut mempromosikan dan memajukan ekonomi UMKM,” Ucapnya.

Selanjutnya kegiatan pembukaan dilakukan dengan melakukan pemotongan Pita serta dilakukan peragaan Tapis Tua karya Rustam Efendi sekaligus Pembacaan filosofi dan sejarah dari Tapis, yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Stand-Stand Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung. (Rk)

Last modified: 24/11/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber