Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Meriahkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Lewat Lagawi Festival 2022 “Satu Bumi Juta Karya”.

23/06/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, terutama produk industri dalam negeri melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Gernas BBI hadir di Provinsi Lampung melalui Festival Lampung Begawi #LagawiFest 2022 dengan mengangkat tema Satu Bumi Juta Karya. Acara puncak rangkaian kegiatan Lagawi Festival 2022 dipusatkan di Pulau Tegal Mas, Pesawaran, Lampung, Kamis (23/6/2022).

Perhelatan nasional ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan baik hadir secara langsung atau secara virtual.

Kegiatan itu juga turut diikuti oleh Jajaran Forkopimda dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dari ruang Sekda, Kantor Bupati setempat.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengungkapkan, pasca pandemi Covid-19 IKM dan UMKM terus bangkit dan terus melesat dengan semakin meningkatnya pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Inilah yang sangat kami rasakan, kebangkitan ekonomi di Lampung karena kerja keras pelaku IKM dan UMKM. Ada beberapa yang dihasilkan dari komoditi UMKM yang sudah cukup besar produksinya, dimana ini diminati oleh orang-orang Eropa maupun Jepang terutama ada Kulit Ikan,” ungkap orang nomor satu di Provinsi Lampung itu.

Arinal Djunaidi juga menuturkan, Provinsi Lampung saat ini terdapat lebih dari 95.401 IKM yang didominasi oleh industri makanan di mana di Lampung ini sebagai provinsi di sektor pertanian yang mempunyai ranking terbaik.

“Ini tersebar di berbagai kabupaten dan industri pengolahan mengalami pertumbuhan tahun ini kurang lebih 4,57% dan kontribusinya 19,65% atau sebagai sektor kedua terbesar yang berkontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ini, dari sektor ekonomi kerakyatan,” tutur Arinal Djunaidi.

Arinal juga mengatakan, saat ini kita berada di era 4.0 yang menekankan pada daya saing dan produksitivitas. Oleh karenanya, Provinsi Lampung sangat mendukung kemajuan IKM dan UMKM melalui Gernas BBI di Lampung sangat mengacu pada produk yang berkualitas.

“Dan saya juga berharap acara Gernas BBI tidaklah hanya seremonial saja, tapi harus kita gencarkan secara kontinu. Melalui upaya tersebut kita harapkan IKM dan UMKM dapat menjadi salah satu komponen penggerak roda perekonomian pada masa yang akan dapatang,” harap Arinal.

Pada acara puncak Lagawi Fest 2022, diumumkan 5 Industri Kecil dan Menengah (IKM) pemenang hasil kurasi serta pendampingan Kemenperin bersama dengan Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia.

Adapun, lima pemenang tersebut diantaranya, terbaik pertama IKM Lampung Ethnica dari Lampung Timur, Pisang Shamiya dari Bandar Lampung, Littlemonq dari Bandar Lampung, Rafins Snack dari Pringsewu, dan terakhir terbaik ke lima IKM Askha Jaya dari Bandar Lampung.

Sebelumnya, serangkaian program pendampingan dan fasilitasi yang intensif dilakukan kepada 30 IKM terpilih dan dipilih kembali 5 IKM terbaik yang diumumkan pada perhelatan tersebut.

Sementara, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang mengatakan, tiga tujuan utama Gernas BBI yakni untuk meningkatkan jumlah industri kecil dan menengah, pendampingan wirausaha industri dan peningkatan transaksi penjualan IKM.

“Acara Lagawifest 2022 yang diselenggarakan di Lampung dengan harapan untuk menumbuhkan IKM, karena seperti kita ketahui IKM memiliki kontribusi yang besar pada pertumbuhan ekonomi sekitar 60%,” jelasnya.

Dirinya juga megucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada semua pihak terkait, atas terselenggaranya rangakain acara lagawifest 2022 yang sudah dilakukan sejak bulan Maret.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya karna rangkaian acara kita berjalan hingga pada acara puncak hari ini yang sudah kita laksanakan dari mulai 17 Maret 2022 bertepatan dengan hari ulang tahun Provinsi Lampung,” tutupnya. (Hy/Nsy).

628total visits,2visits today

Last modified: 23/06/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber