Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Road Show Di Kecamatan Sragi, Bunda Winarni Berikan Paparan Mengenai Program Gerakan Swasembada Gizi

26/07/2022

SRAGI, Diskominfo Lamsel – Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto memberikan paparan mengenai program Gerakan Swasembada Gizi, kepada seluruh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Sragi, Selasa (26/7/2022).

Pemaparan tersebut dilakukan dalam kegiatan Road Show Program Swasembada Gizi dan Penguatan Kapasitas TPPS Kecamatan dan Desa/Kelurahan, yang berlangsung di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sragi. Kecamatan Sragi menjadi lokasi ke-8 yang mendapat kunjungan dari TPPS Kabupaten Lampung Selatan.

Mengawali paparannya, wanita yang akrab disapa Bunda Winarni ini menjelaskan mengenai pentingnya penerapan 8 fungsi keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini, sesuai dengan program dari BKKBN Pusat.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada TPPS Kabupaten untuk terus memonitoring kegiatan TPPS Kecamatan dan Desa yang dilakukan di masing-masing wilayah.

Kemudian, hasil dari monitoring tersebut dicatat sebagai bahan evaluasi, sehingga kedepan dapat diketahui kendala apa saja yang dilalui dalam melaksanakan program Swasembada Gizi ditingkat Desa.

“Dicatat ya bapak ibu TPPS Kabupaten apa yang menjadi masalah TPPS di tingkat Desa dalam melaksanakan program Swasembada Gizi biar bisa di selesaikan,” kata Winarni.

Selain memberikan pemaparan mengenai program Gerakan Swasembada Gizi, Istri dari Bupati Lampung Selatan ini juga turut memberikan paparan mengenai wawasan kebangsaan, kepada para peserta untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia.

Masih dalam Road Show tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rikawati melaporkan, kegiatan roadshow bertujuan sebagai akses koordinasi dan konsolidasi serta konvergensi TPPS Kabupaten, Kecamatan hingga Desa/Kelurahan dalam melaksanakan tugas.

“Ini adalah wadah kita untuk menyatukan langkah, mulai dari TPPS Kabupaten, Kecamatan hingga Desa/Kelurahan yang terdiri dari para kader penggerak Gerakan Swasembada Gizi,” ujar Rikawati dalam laporannya.

Sementara, Camat Sragi diwakili oleh Sekertaris Camat Sragi Sumari Sasmito mengungkapkan, guna membantu penurunan angka stunting di Kecamatan Sragi telah diberikan pembekalan kepada TPPS di 10 Desa. Kemudian, turut dilaksanakan juga monitoring Pelayanan Posyandu dengan memperhatikan kehadiran ibu Hamil dan Balita.

“Untuk di Kecamatan Sragi sudah dibentuk 1 TPPS Kecamatan dan 10 TPPS yang tersebar di 10 Desa. Yang mana, dari 10 Desa tersebut terdapat 26 Tim Pendamping Keluarga (TPK) se-Kecamatan Sragi,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Erdiansyah selaku perwakilan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lampung Selatan baru mencapai 68.49 persen. Oleh karenanya, diharapkan angka IPM terebur bisa meningkat dengan meningkatkan segi pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Untuk diketahui, Road Show tersebut turut dihadiri oleh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Ketua DWP Yani Thamrin, Forkopimcam Sragi, Kepala Desa Se Kecamatan Sragi. (KMF).

95total visits,2visits today

Last modified: 26/07/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber