Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Sekdakab Lampung Selatan Hadiri Gebyar Budaya dan Silahturahmi Keluarga Besar TCM

30/07/2022

JATI AGUNG, Diskominfo Lamsel – Kabupaten Lampung Selatan menjadi tuan rumah kegiatan Gebyar Budaya dan Silahturahmi Keluarga besar Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal (TMC). Acara berlangsung di Lapangan Kantor Kecamatan Jatiagung, Sabtu (30/7/2022).

Acara yang di gagas oleh Dirbinmas Polda Lampung bersama Keluarga Besar Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal ini, mengusung Tema “Merajut Kebhinekaan, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi NKRI Guna Menciptakan Harkamtibmas Yang Kondusif Menuju Lampung Berjaya”.

Ketua Panitia Kegiatan AKBP Ade Yaman dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh tali silaturahmi dan dapat meningkatkan kelestarian budaya nusantara, khusunya berbagai kesenian dan budaya di Provinsi Lampung.

Mengingat, Provinsi Lampung merupakan miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bangsa, agama, adat istiadat dan budaya. Ditambah dengan integritas masyarakat Lampung yang menjadi modal dasar dalam pembangunan Lampung yang lebih maju dan mampu bersaing dengan provinsi-provinsi lainya di Indonesia.

“Kegiatan tersebut juga sebagai wadah dan ajang silahturahmi anak bangsa yang ada di Provinsi Lampung, melalui budaya dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk menciptakan harkat Kantibmas yang kondusif di wilayah Provinsi Lampung, selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melestarikan dan menjaga budaya-budaya Nusantara yang tumbuh dan berkembang yang ada di Provinsi Lampung,” ujarnya.

“Peserta gebyar budaya merupakan perwakilan masyarakat pencinta seni dan budaya dari berbagai suku di provinsi Lampung yang nantinya  akan menampilkan berbagai kesenian dan mementaskan tarian daerah yang di antara nya Tari sigeh pangunten, tari Gejlug, tari reog Ponorogo dan tari Pendet dari Bali,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan yang diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin S.Sos, M.M dalam sambutanya menyampaikan, ucapan terimakasih serta apresiasi atas terselenggaranya rangkaian kegiatan gebyar budaya yang dilaksanakan di Kecamatan Jati Agung.

“Karena dengan digelarnya acara ini, selain bertujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi muda dalam memperkokoh jati diri bangsa, juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni budaya yang dimiliki bangsa ini, khususnya budaya Paguyuban Turonggo Cita Manunggal,” ungkapnya.

Sebagai wadah kesenian yang ada di Provinsi Lampung, kata Thamrin, Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal sudah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan pengembangan berbagai kesenian di wilayah Lampung. Hal ini tentunya tidak terlepas dari adanya rutinitas pembinaan yang dilakukan oleh Binmas Polda Lampung.

Untuk itu, dirinya berharap melalui gelaran gebyar budaya ini, akan menambah pemahaman mengenai pentingnya Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal di Provinsi Lampung. Dimana paguyuban tersebut berusaha sebaik mungkin untuk melestarikan adat budaya daerah yang ada di Indonesia khususnya Provinsi Lampung.

“Maka dari itu kita juga berkewajiban bersama-sama melestarikan adat budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita, karena adat budaya inilah warisan berharga yang harus kita jaga dan lestarikan, sehingga akan terus dapat dinikmati oleh generasi muda di masa yang akan datang,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Thamrin, hal tersebut juga sesuai dengan tema yang diusung pada acara gebyar budaya hari ini, yaitu “Merajut Kebhinekaan, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi NKRI Guna Menciptakan Harkamtibmas Yang Kondusif Menuju Lampung Berjaya.

“Dengan diadakannya Gebyar Budaya dan Silaturahmi Keluarga Besar Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal ini, sudah barang tentu hal tersebut selain dapat menambah wawasan maupun gagasan bagi kemajuan dan perkembangan kesenian, juga ke depannya akan menumbuhkan rasa solidaritas bagi pelaku Seni dalam melestarikan sebuah seni maupun budaya supaya tidak punah. Seni dan Budaya harus terus berkembang dan bersatu tanpa adanya perbedaan,” pungkasnya. (Ant).

69total visits,1visits today

Last modified: 30/07/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber