Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Wujudkan Lampung Selatan Maju & Berbudaya, DKLS Gelar Lomba Tari Kreasi Daerah

31/08/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Sebagai wujud kecintaan dan melestarikan seni budaya nusantara untuk mewujudkan Lampung Selatan Maju dan berbudaya, Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) melalui Bidang Seni Tari menyelenggarakan kegiatan Lomba Tari Kreasi Daerah se-Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022, Rabu (31/8/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum DKLS Hj. Winarni Nanang Ermanto, bertempat di halaman Sekretariat DKLS Jl. Trans Sumatera Wai Lubuk Kalianda, dan diikuti para pelajar maupun para pelaku seni tari se-Lampung Selatan.

Turut hadir pada kegiatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Lampung Selatan Eka Riantinawati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Asep Jamhur, Camat Kalianda Zaidan para Praktisi Pendidikan, Para Pelaku Seni dan undangan terkait.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DKLS Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, tujuan diselenggarakan perlombaan seni tari ini untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya nusantara yang harus tetap lestari dan dijaga bersama hingga generasi penerus.

“Sebab ini menunjukkan Lampung Selatan selalu menjaga seni dan budaya nusantara Indonesia. Oleh karena itu Lampung Selatan juga miniatur Indonesia dan ini merupakan salah satu kekayaan serta identitas daerah. Kekayaan ini wajib kita kembangkan dan kita lestarikan agar tidak punah termakan zaman,” ucap Winarni.

Winarni juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas terselenggaranya lomba tersebut kepada semua pihak yang mengikuti lomba maupun para panitia penyelenggara.

“Lomba tari kreasi yang diadakan ini adalah program kerja tahun 2022 DKLS. Saya menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya lomba ini kepada semua pihak,” jelasnya.

Dirinya berharap, seni dan budaya nusantara khususnya Lampung Selatan tetap terjaga bahkan semakin berkembang tidak hanya dilitas seniman namun masyarakat dan khalayak ramai.

“Ini tidak hanya lintas para seniman namun dari lintas perangkat daerah dan juga dukungan dari kecamatan hingga tingkat desa. Karna di kecamatan ada dewan kesenian kecamatan dan desa ini bisa mendukung pariwisata desa guna mendukung pertumbuhan ekonomi kita,” pinta Winarni.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Eka Riantinawati S.KM, M.Kes yang hadir mewakili Bupati Lampung Selatan sekaligus membuka kegiatan lomba menyampaikan ajang ini Ini merupakan bagian dari pengembangan bangsa dan menetralkan budaya asing yang kurang sejalan dengan nilai budaya bangsa.

Selain itu dalam sambutan Bupati juga disampaikan dengan ajang seperti ini diharapkan dapat membangkitkan seni dan budaya daerah melalui kreasi, inovasi dan kolaborasi dan terwujud karakter dan Jati diri budaya bangsa Indonesia yang berjiwa patriotisme.

Diharapkan juga kepada para penggiat seni agar terus mengembangkan budaya tradisional yang beragam sehingga budaya seni tari dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari pengbangan destinasi wisata yang ada di Lampung Selatan.

Pembukaan ditanda di oleh pemukilan gong boleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat didamping Ketua Umum DKLS dan para pejabat yang hadir. (Hy)

Last modified: 31/08/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber