Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Sambangi Kabupaten Kulon Progo, DKLS Lakukan Kaji Tiru Budaya Dan Kesenian

23/09/2022

KULON PROGO, Diskominfo Lamsel- – Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Hj. Winarni Nanang Ermanto mengunjungi Sekertariat Dewan Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (24/09/2022).

Kunjungan yang bertempat di Taman Budaya Kabupaten Kulon Progo tersebut dalam rangka Kaji Tiru budaya yang merupakan program kerja dari DKLS.

Kunjungan itu juga dihadiri oleh Pejabat Struktural Kabupaten Kulon Progo Staf Ahli Bupati Hukum dan Politik Drs. Untung Waluyo, Kepala Dinas Kebudayaan Dra. Niken Probolaras, S. Sos, MH, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito, S, Sn, MA, Ketua TP PKK Kulon Progo Priyatinah, Ketua Dewan Kebudayaan Kulon Progo Umar Sanusi beserta Pengurus.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Niken Probolaras menyambut baik dan berterimakasih kepada DKLS yang telah memilih Kabupaten Kulon Progo untuk dikunjungi sebagai lokasi Kaji Tiru.

Dalam sambutannya, Niken menunjukan makanan khas Kulon Progo yang sebagian sudah mendapat penetapan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

” Makanan khas Kulon Progo yaitu makanan Geblek yang kami jadikan Motif Batik khas yaitu motif Geblek Renteng serta Kulon Progo juga memiliki Warisan Budaya Tak Benda yaitu Tari Krumpyung yang ditampilkan diawal tadi, jogetnya Tayub diringi oleh musik Krumpyung,” ucap Niken.

Sementara, Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih atas penyambutan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

“Terimakasih bapak ibu sambutannya mulai saya datang hingga masuk kedalam tempat ini saya terkesan dengan Taman Budaya yang memang sangat tepat untuk dijadikan kegiatan seni,”ungkap Winarni.

“Kami hadir disini untuk menggali potensi budaya yang ada di Kulon Progo kami untuk dikolaborasikan mengingat di daerah kami banyak juga masyarakat Jawa yang tinggal disana,” imbuhnya.

Winarni berharap dengan ada kaji tiru ini bisa membawa efek positif dan juga bisa mengembangkan Kesenian dan Budaya serta Pariwisata yang ada di Lampung Selatan.

” Ini akan jadi Catatan kami, untuk mengembangkan Seni budaya serta Pariwisata untuk meningkatkan Ekonomi di Lampung Selatan,”terangnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo Priyatinah juga menyampaikan harapannya kepada DKLS untuk bisa berkolaborasi dengan Seni Budaya dan Pariwisata untuk bersama sama memajukan Indonesia dari Bidang Seni Budaya dan Pariwisata.

” Lewat Seni Budaya dan Pariwisata kita berkolaborasi untuk memajukan Indonesia agar bisa lebih dikenal Dunia,” tutupnya. (kmf)

449total visits,19visits today

Last modified: 23/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber