Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Audiensi Dengan Bupati Lampung Selatan, Perawat Desa Sampaikan Keluhan Di Lapangan

04/10/2022

Kalianda, Diskominfo Lamsel –Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima audiensi Perawat Desa Lampung Selatan di Ruang Kerja Bupati, Selasa (04/10/2022).

Audiensi tersebut berkenaan tentang peran serta Perawat Desa dalam penurunan angka Stunting serta meningkatkan swasembada gizi masyarakat dengan program satu desa satu perawat (One Village One Nurse/OVON ).

Andriyansyah selaku Ketua Perawat Desa Lampung Selatan dalam laporannya mengatakan, melalui program yang di bentuk Bupati Lampung Selatan yakni satu desa satu perawat ditahun 2019 lalu, perawat desa yang telah selesai dibina oleh Dinas Kesehatan langsung menjalankan tugasnya ditahun 2020 di desa-desa yang memang sudah ditetapkan.

Dirinya juga menjelaskan,Perawat Desa tersebut melaksanakan tugasnya dengan tujuan membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat didesa dimana mereka ditugaskan.

“Di masa pandemi kami adalah garda terdepan didesa, kami menjadi Tracer saat itu dengan dibantu tenaga sukarela untuk membantu penyekatan hingga proses karantina pasien positif covid-19 dilaksanakan oleh seluruh perawat desa serta jajaran terkait,” jelasnya.

Ketua Perawat Desa itu juga menambahkan, bahwa Lampung Selatan merupakan Kabupaten Pertama di Provinsi Lampung yang memiliki program satu desa satu perawat yang disusul oleh Kabupaten Lampung Barat, Kota Bandar Lampung dan Metro.

“Beberapa saat yang lalu, Universitas Gajah Mada Yogyakarta meminta kepada PPNI Provinsi Lampung untuk menjadi narasumber dalam diskusi bagaimana perawat di desa, dan menunjukkan Perawat Desa Lampung Selatan untuk menjadi narasumbernya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Ardiyansyah juga menyampaikan kelemahan yang mereka alami, bahwa dari 256 desa yang ada di Kabupaten Lampung Selatan hanya ada 73 desa saja yang baru tercover oleh perawat desa.

” Hal ini banyak disebabkan dengan adanya pergantian kepala desa , kepala desanya berganti, kebijakanya juga ikut berubah hingga mengganti perawat desa yang memang sudah lama membina desa tersebut. Maka kami hadir saat ini juga ingin meminta solusi dari Bapak Bupati untuk dapat bersama menyelesaikan masalah yang ada saat ini,” pintanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Selatan mengucapkan terimakasih atas dedikasi yang telah dikerahkan oleh seluruh perawat desa yang ada di Kabupaten Lampung Selatan dalam menangani kondisi Gizi Buruk serta Stunting.

“Kedepannya kami pemerintah daerah akan merumuskan bagaimana membuat solusi untuk memperkuat posisi dari perawat desa dalam membantu masyarakat dalam sektor kesehatan sehingga program-program yang sudah ada dapat berjalan dengan baik nantinya,” ucapnya.

H. Nanang Ermanto juga menerangkan, jasa dan kinerja dari perawat desa yang telah menjadi sukarelawan di desa yang telah bina semoga menambah kesejahteraan masyarakat di seluruh desa se-Kabupaten Lampung Selatan dan menjadi ladang ibadah untuk kita semua.

“Dan terakhir saya peringatkan kepada seluruh Kepala Desa Se- Kabupaten Lampung Selatan untuk tidak seenaknya mengganti perawat desa yang telah ditugaskan, Saya Bupati menghargai kinerja mereka,” pungkasnya. (lmhr)

Last modified: 04/10/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber