Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kaya Khasiat, Olahan Daun Kelor Jadi Salah Satu Produk Unggulan UMKM di Lampung Selatan Fest 2022

17/11/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Jika berkunjung ke Lampung Selatan Fest 2022, maka tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi stand UMKM oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Lampung Selatan.

Yang menarik perhatian adalah produk unggulan UMKM Lampung Selatan berbahan dasar dari daun kelor yang dipercaya kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Yulizar Dwi Putra menjelaskan, seperti diketahui bahwa daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga stamina serta mencegah dari ancaman berbagai penyakit.

“Kapsul Kelor dan Teh Kelor misalnya memiliki banyak manfaat yang salah satunya ialah dapat menjaga kadar gula dalam darah serta menghindari dari penyakit diabetes, “ jelas Yulizar saat di temui di lokasi Lampung Selatan Fest 2022, Kamis (17/11/2022).

Beragam olahan daun kelor dari pelaku UMKM Lampung Selatan, mulai dari masker wajah, teh celup atau teh bubuk, kapsul kelor, ekstrak daun kelor, bakso daun kelor, mie ayam daun kelor dan olahan daun kelor lainnya yang pemasarannya sudah ke tingkat nasional.

Dirinya juga menjelaskan, terdapat pula produk unggulan UMKM Lampung Selatan lainnya, seperti Jahe Merah Mix Purwoceng dan Jahe Merah Mix Manjakani, serta berbagai produk kering seperti keripik pisang dengan berbagai rasa dan merek, Kopi Krakatau, Kopi Dano, dan produk kuliner lainnya.

Pengawas Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan Fitriyanti menambahkan, pelaku UMKM yang memproduksi olahan daun kelor terdapat di beberapa daerah di Lampung Selatan yakni di Bulok, Kecamatan Candipuro dan Sidomulyo.

“Ini semua olahan daun kelor termasuk produk herbal untuk kesehatan tubuh, produksinya ada juga di Bulok, di Candipuro, dan di Sidomulyo, dibuat berbagai macam untuk bisa dinikmati masyarakat,” jelasnya.

“UMKM kita di Lampung selatan berhasil mengolah daun kelor menjadi obat herbal, dan hasil olahannya ini diminati masyarakat luas bahkan hingga luar Pulau Sumatera seperti ke Pulau Jawa dan Kalimantan,” tambahnya.

Tak hanya kuliner, ada juga berbagai produk kerajinan tangan seperti Kain Tapis dan Peci Tapis, Sulam Usus, Kain Ecoprinting, Gerabah, Tukhus serta kerajinan lainnya. (Hy).

76total visits,2visits today

Last modified: 17/11/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber