Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Indeks Kualitas Udara Lampung Selatan Tahun 2022 Masuk Kategori Baik dan Memenuhi Target

06/01/2023

LAMPUNG SELATAN, Diskominfo Lamsel– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Selatan melakukan pemantauan Kualitas Udara melalui pengambilan sampel udara ambien pada sejumlah titik lokasi.

Pelaksanaan pemantauan kualitas udara tersebut dalam rangka penyusunan data Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU), dan , Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022.

Adapun titik lokasi pengambilan sampel diantaranya, titik pantau industri beralamat di Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Titik pantau perkantoran pada kantor DLH Kab. Lampung Selatan.

Selanjutnya, titik pantau permukiman, beralamat di permukiman Desa Kedaton Kecamatan Kalianda Kab.Lampung Selatan. Dan terakhir titik pantau transportasi, beralamat di Desa Merak Belantung Kalianda Kab. Lampung Selatan

Pengambilan sampel udara dilakukan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun yaitu tanggal 25 April – 09 Mei 2022 dan 05 – 19 Juli 2022 dengan metode passive sample (NO2 dan SO2).

Secara teknis, pengambilan sampel udara dilakukan oleh DLH Kab. Lampung Selatan dan kemudian dicek dan diuji tiap parameternya oleh PT. Anugrah Analisis Sempurna yang merupakan rekanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Berdasarkan hasil pengujian maka didapatkan hasil, untuk tahun 2022 nilai Indeks Kualitas Air (IKA) Kabupaten Lampung Selatan adalah 55.00, Indeks Kualitas Udara (IKU) 87.89, Indeks Kualitas Lahan (IKL) 26,12, dan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) 62.00.

Kemudian dari hasil tersebut, Kabupaten Lampung Selatan berada pada angka 87.89 atau Indeks Kualitas Udara dalam klasifikasi Baik dan sudah memenuhi target IKU 2022.

Hasil monitoring IKU tersebut menunjukkan Kabupaten Lampung Selatan berada pada peringkat 278 Nasional dari 514 Kab/Kota di Seluruh Indonesia. Sementara di Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Selatan menduduki posisi ke-8 dari 15 Kabupaten/Kota yang ada. (Hy)

Last modified: 06/01/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber