Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hadiri Penilaian Lomba Desa Di Kecamatan Palas

27/02/2023

PALAS, Diskominfo Lamsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri Penilaian Lomba Desa di Kecamatan Palas, Senin (27/02/2023).

Penilaian Lomba Desa yang berlangsung di Desa Bumi Daya Kecamatan Palas merupakan titik ke-11 yang mendapatkan penilaian oleh Tim Penilai Lomba Desa dari Kabupaten.

Dudi Hermana selaku Kepala Desa Bumi daya menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Bumi Daya maju lomba desa mewakili Kecamatan Palas.

“Saya atas nama desa mengucapkan terima kasih ini berkat dukungan pemerintah kecamatan, serta gotong royong masyarakat yang mendukung dan mendorong untuk Bumi Daya maju dalam lomba Desa,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, tahun di 1974 Bumi Daya masih bergabung dengan Desa Bangunan dengan nama Dusun Way Megat 1975. Para tokoh masyarakat mengusulkan kepada Pemerintah untuk berdiri sendiri dan di tahun 1976 barulah berdiri Desa Bumi Daya.

Dudi mengatakan wilayah Bumi Daya yang di dominasi oleh persawahan, sebanyak 62 persen masyarakatnya berprofesi sebagai petani terutama petani padi dan jagung.

Kepala Desa Bumi Daya itu berharap Desanya bisa maju mewakili Kabupaten untuk maju di tingkat Provinsi dan dirinya mengaku bersama masyarakat siap untuk maju mewakili Kabupaten.

“Kami bersama masyarakat berharap bisa mewakili Kabupaten dan kami siap maju ketingkat Provinsi,” kata Dudi.

Sementara, Winarni dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada desa Bumi Daya yang mewakili Kecamatan Palas dalam Lomba Desa di tingkat Kabupaten.

Winarni menambahkan jika terpilih mewakili Kabupaten akan ada pembinaan yang diperuntukan untuk memajukan dan memperbaiki Desa.

“Kalau terpilih mewakili Kabupaten nanti pembinaannya akan lebih sering, dan Desa harus siap capek harus semangat dan gotong royong dari semua masyarakat Desanya,” ujar Winarni.

Ketua TP PKK itu menyebutkan, dalam penilaian Lomba Desa ada satu hal yang tidak bisa disiapkan secara dadakan yaitu PADes. Menurut peraturan Pendapatan Desa harus masuk kerekening Desa 2 tahun sebelum penilaian lomba Desa di lakukan.

“Ada penilaian yang tidak bisa disulap atau dadakan, itu adalah pendapatan Desa, ini harus masuk ke Rekening Desa 2 tahun sebelum penilaian lomba desa,” ujarnya.

Kepala Dinas PMD Erdiansyah yang hadir membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan menyampaikan apresiasi kepada Kecamatan Palas khususnya kepada Kepala Desa Bumi Daya yang telah menyiapkan Desanya untuk lomba desa.

Dirinya optimis Desa Bumi Daya sudah sangat siap untuk dilakukan penilaian dan dapat memberikan kreatifitas terbaiknya.

Untuk mencapai tujuan pembangunan Desa ada Dua Indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa. Dimana, keduanya menjadi tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa.

Selain itu, dirinya mengatakan Penilaian Lomba Desa Tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap Tahunnya sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi 3 (Tiga) Bidang, yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan.

Dalam sambutan itu juga dikatakan Selain penilaian lomba desa, Tim Penilai juga akan melaksanakan penilaian perlombaan Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat (BBGRM) yang telah menetapkan 4 (Empat) Instrumen Penilaian yaitu: Bidang Kemasyarakatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Agama dan Bidang Lingkungan.

Kepada Tim Peanilai dirinya meminta untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat reformasi, berikan penilaian secara objektif dan selektif sehingga nantinya akan benar-benar menghasilkan desa juara yang berprestasi untuk mewakili Kabupaten yang kita cintai ini.

Dikahir kegiatan Winarni beserta rombongan meninjau pos pos pelayanan yang ada di Desa Bumi Daya. (*).

Last modified: 27/02/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber