Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

230 Pendidik Dan Tenaga Pendidikan PAUD Ikuit Kursus Orientasi Kepramukaan

20/03/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Sebanyak 230 Pendidik dan Tenaga Pendidikan PAUD di Kabupaten Lampung Selatan mengikuti Kursus Orientasi Kepramukaan.

Kegiatan kursus dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Senin (20/3/2023).

Ketua Harian Kwarcab Lampung Selatan Sukadi, menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal, pengetahuan, keterampilan dan kesempatan bagi para pendidik dan tenaga pendidikan PAUD untuk dipersiapkan menjadi pembina pramuka gugus depan khususnya pembina pra siaga.

“Peserta Kursus Orientasi Kepramukaan diikuti 230 orang. Mereka diberi materi pemahaman, keterampilan bergaul, kepramukaan, perencanaan, pelaksanaan khusus dan akan langsung diuji cobakan kurikulum yang telah diperbaharui,” kata Sukadi selaku panitia pelaksana.

Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni mengatakan, revitalisasi gerakan pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan bagi kaum muda di Indonesia. Dengan pokok tujuan yaitu untuk memantapkan eksistensi gerakan pramuka, serta untuk meningkatkan fungsi gerakan pramuka.

“Tingginya minat kaum muda terhadap gerakan kepramukaan tentunya menjadi modal utama bagi kita untuk menanamkan kemandirian dengan mengajarkan berbagai macam keterampilan. Keterampilan ini tentunya sangat dibutuhkan dan memberikan manfaat yang besar terhadap pembentukan karakter anak,” kata Winarni.

Winarni juga menyampaikan, bahwa Kabupaten Lampung Selatan merupakan kabupaten yang sangat serius dalam hal peningkatkan mutu pendidikan, yaitu dengan  mencanangkan Program Swasembada Sekolah.

“Selaras dengan program tersebut, tentunya Gerakan Pramuka Kabupaten Lampung Selatan akan turut mendukung dan menyukseskannya dengan melaksanakan program-program kepramukaan dan akan memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan kualitas dan program gerakan Pramuka Tenaga Pendidik PAUD di kabupaten yang kita cintai ini,” ujarnya.

Winarni berharap,  kegiatan Kursus Orientasi Kepramukaan hari ini, dapat menjadi bekal untuk dapat membangun pondasi kuat terkait karakter pada anak usia dini.

“Karakter tersebut seperti karakter positif, dan nilai moral, sehingga ke depan selain mempunyai karakter positif yang bagus, moral anak-anak usia dini juga sudah siap untuk berkompetisi. Anak juga bisa lebih mandiri, lebih mengenal lingkungan sekitar dan lebih bertanggungjawab,” kata Winarni. (Nsy)

Last modified: 20/03/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber