Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Profil Wakil Bupati

 

Pandu Kesuma Dewangsa lahir di Kota Bandar Lampung pada tanggal 30 Juli 1988, anak sulung dari tiga bersaudara dari pasangan H. Muhar Gusti dan Hj. Sripadmi Rumiati (almarhumah).

Menghabiskan masa sekolahnya di Kota Bandar Lampung, Pandu kemudian melanjutkan pendidikan jenjang sarjana di Universitas Padjadjaran Bandung dengan disiplin Sarjana Ilmu Perpustakaan.

Setelah berhasil meraih titel sarjana, Pandu yang pada awalnya mengikuti jejak orang tua sebagai pengusaha memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Sang ayah yang juga menjadi Dewan Pakar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Lampung menjadi mentor politiknya.

Melalui PPP Pandu kemudian terpilih menjadi anggota legislatif DPRD Kota Bandar Lampung selama dua periode, yakni sejak periode masa bakti 2014-2019 dan untuk periode masa bakti 2019-2020 (PAW).

Selama aktif menjadi wakil rakyat Pandu semakin mengasah kemampuan politik juga pemahamannya tentang pemerintahan dan pengabdian kepada masyarakat.

Tak heran jika pada pilkada serentak 2020, Pandu dipinang H. Nanang Ermanto, Bupati petahana Lampung Selatan saat itu, untuk maju bersama dalam kontestasi pemilihan pemimpin Kabupaten berjuluk Khagom Mufakat.

Pandu yang memang memiliki akar keturunan dari Keratuan Darah Putih (leluhur Radin Inten II, Pahlawan Nasional dari Lampung) terpanggil untuk melanjutkan pengabdian bagi masyarakat di kampung halamannya.

Sejarah kemudian menuliskan tinta emasnya, pada perhelatan Pilkada 2020 pasangan H. Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa memenangkan kontestasi pilkada serentak 2020.

Pasangan yang membawa visi untuk mewujudkan masyarakat Lampung Selatan yang berintegritas, maju dan sejahtera dengan semangat gotong royong mendapat amanat rakyat untuk meneruskan estafet kepimimpinan di Kabupaten Lampung Selatan.

Suami dari Nuri Maulida, wanita yang dinikahinya pada 9 November 2014 lalu ini, dilantik menjadi Wakil Bupati Lampung Selatan pada Jum’at, 26 Februari 2021 oleh Gubernur Arinal Djunaidi di Balai Keratun bersama Bupati Lampung Selatan terpilih H. Nanang Ermanto.

Kini, ayah dua orang putri dan satu orang putra ini akan bahu membahu mendukung H. Nanang Ermanto untuk merealisasikan program-program kerja unggulan untuk menjadikan Lampung Selatan sebagai daerah termaju di Provinsi Lampung.

A. Riwayat Hidup

Nama Lengkap
: PANDU KESUMA DEWANGSA, S.IIP
Tempat/Tanggal Lahir
: Bandar Lampung, 30 Juli 1988
Jenis Kelamin
: Laki-laki
Status Perkawinan
: Kawin
Agama
: Islam

B. Riwayat Pendidikan

Institusi
Lulus Tahun
SD Negeri 2 Rawa Laut
2000
SMP Negeri 9 Tanjung Karang
2003
SMA Negeri 3 Bandar Lampung
2006
Sarjana Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran Bandung
2012

C. Pengalaman Organisasi

No
Organisasi
Tahun
1.
Ketua Umum DPC ASPEKNAS Kota Bandar Lampung
2014-2019
2.
Bendahara Umum BPD HIPMI Lampung
2014-2017
3.
Anggota HDCI
2016-Sekarang
4.
Wakil Ketua Bid. Organisasi dan Kepemudaan Partai Persatuan Pembangunan Lampung
2016-Sekarang

D. Pengalaman Pekerjaan

No
Pekerjaan
Tahun
1.
Direktur CV Pandawa
2012-2013
2.
Anggota DPRD Kota Bandar Lampung
2014-2019
2019-2020 (PAW)

D. Data Keluarga

Isteri
:
Nuri Maulida Lenggono
Anak
:
1. Salsabila Ramadhani Dewangsa
 
 
2. Sabina Dewangsa
 
 
3. Muhammad Sulthan Rasya Dewangsa

811total visits,18visits today

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber